Pontianak (Antaranews Kalbar) - Gubernur Kalbar, Sutarmidji berharap selama masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di provinsi Kalbar dapat berlangsung aman dan damai.

"Saya berharap, kita berharap selama kampanye berlangsung secara damai. Masing-masing calon harus bisa mengendalikan timnya, maupun segala komponen rangka pemenangan," kata Sutarmidji saat deklarasi kampanye damai pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh KPU provinsi Kalbar di taman alun-alun Kapuas, Minggu.

Pada kesempatan itu, dirinya membagikan pengalamannya soal kampanye yang pernah ia lakukan sebagai calon gubernur Kalbar dalam pilkada yang lalu, menurutnya salah satu kampanye yang paling efektif adalah melalui media sosial (medsos).

Akan tetapi guna menghindari hal-hal negatif, Sutarmidji tidak memiliki banyak akun medsos.

 "Pengalaman saya ketika saya sudah beberapa kali ikut kampanye, yang pertama saya hindari, saya tidak membuka media sosial terlalu banyak. Karena semakin kita membuka (banyak akun medsos), sebagai peserta pemilihan umum atau pilkada, kalau tidak bisa mengendalikan emosi kita akan ikut dalam penyebaran hoaks," tuturnya.

Dia juga menyarankan ke setiap peserta pemilu, apabila nantinya ditemukan komentar miring, maka jangan sampai digubris.

"Makanya saya bilang waktu (pilgub) itu akun saya, apapun yang dikatakan orang tentang saya, senyumin saja. Jangan dilawan, jangan diladeni, jangan dibalas dan ketika kampanye itu kegiatan kita selalu berjalan dengan lancar," katanya.

Sutarmidji juga meminta kepada seluruh peserta yang ikut pemilu 2019 untuk tidak berkampanye menjatuhkan para peserta lainnya, lebih baik mengajak masyarakat berkampanye menggunakan hak pilihnya dengan secara cerdas.

 "Masyarakat sekarang menghendaki bagaimana adanya perbaikan-perbaikan dengan kondisi yang ada. Nah cerdaslah kita (peserta pemilu) melihat isu, membaca isu dan menyampaikan isu yang dalam artian untuk perubahan yang lebih positif, kalau itu bisa dilakukan calon itu bisa terpilih," kata Sutarmidji.

? Tidak hanya berkomitmen dalam mewujudkan pemilu damai, calon juga harus bisa mengajak masyarakat, simpatisan bahkan pendukungnya untuk menjadi pemilih atau pendukung yang cerdas.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018