Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Dinas Pertanian Kabupaten Bengkayang berkomitmen meningkatkan produktivitas tanaman jagung agar pendapatan dan kesejahteraan?petani juga membaik.

"Saat ini produktivitas petani di daerah kami masih rendah. sehingga perlu peningkatan agar pendapatan dan ekonomi masyarakat meningkat," ujar Pengawas Sektor Pengembangan Pertahan Pangan dan Holrikultora Dinas Pertanian Kabupaten Bengkayang I Gede Megantarsaat di Bengkayang, Kamis.

 Ia menjelaskan pada tahun anggaran 2018 Bengkayang mendapat progam Budidaya Jagung Hebrida 11.500 hektare. Dengan adanya program tersebut membantu petani.

 "Bantuan yang ada sebagai upaya dan andil pemerintah kepada petani. Tentu untuk peningkatan bukan hanya tugas pemerintah namun pihak swasta dan petani itu sendiri," jelas dia..

Sementara itu di Bengkayang terutama di Kecamatan Tujuh Belas, PT. Natural Nusantara juga andil untuk peningkatan produktivitas petani.

 "Kami sudah melaksanakan tanam perdana jagung manis dan jagung pipil. Kami ingin memajukan petani melalui bercocok tanam mengunakan teknologi," ujar perwakilan PT Natural Nusantara, Frida Iskandar.

 Natural Nusantara, katanya, terus memberikan solusi dari permasalahan yang ada di petani. Melalui penanaman di demplot pihaknya dengan warga untuk memberikan contoh budidaya yang mampu menghasilkan hasil yang memuaskan.

 "Demplot perkebunan jagung manis dan jagung pipil diminta berpartisipasi semua pihak untuk suksesnya kegiatan ini. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan kelompok tani dan? meningkatkan indeks pendapatan masyarakat," kata dia.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018