Pontianak (Antaranews Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan terima kasih kepada organisasi Muhammadiyah karena turut berkontribusi dalam meningkatkan IPM provinsi itu.

"Saya bersama Pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Muhammadiyah yang sudah sangat besar sumbangsihnya bagi peningkatan SDM yang ada di Kalbar," kata Sutarmidji saat menghadiri HUT ke-106 Masehi Muhammadiyah di Lapangan Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 2 Pontianak, Minggu.

Menurutnya, organisasi Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan dan kesehatan, dimana telah banyak berperan dalam kemajuan Sumber Daya Manusia yang ada di Kalbar.

Dia mengatakan, sektor pendidikan menjadi sangat penting bagi provinsi itu, karena Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalbar saat ini berada di peringkat ke 29 dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Baca juga: Pemprov Kalbar siapkan komite advokasi daerah anti korupsi
Baca juga: Sutarmidji paparkan sembilan sasaran pembangunan Kalbar 2019 - 2023

"Salah satu penyebab rendahnya IPM di Kalbar ini, lamanya masyarakat belajar di Kalbar baru 7,3 tahun. Artinya rata-rata orang Kalbar itu belum tamat SMP dan inilah yang harus kita kejar," kata dia.

Ia menambahkan, perlu dilakukan program-program untuk mendongkrak IPM demi kemajuan dan percepatan di provinsi itu.

"Selain itu Muhammadiyah juga sangat berperan di bidang kesehatan dimana mendirikan pelayanan kesehatan yang telah memberikan sumbangsihnya sangat besar kepada provinsi ini dan Indonesia pada umumnya," katanya.

Ia berharap dengan bertambahnya usia organisasi Islam Muhammadiyah bisa meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan yang lebih baik di Kalbar.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018