Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Ribuan peserta ikut meramaikan Festival Pesona Lokal Pontianak, Kalbar yang menghadirkan ragam budaya dan kearifan lokal Kalimantan, yakni parade karnaval budaya, lomba mural, lomba kreasi masakan daerah, bazar UMKM dan pasar rakyat.
   
Wakil Direktur Pembiayaan Roda Dua Adira Finance, Andy Sutanto di Pontianak, Minggu, mengatakan Festival Pesona Lokal Pontianak lebih kepada mengajak masyarakat dalam menjaga ekosistem dengan menunjukkan keberagaman budaya dan kearifan lokal di Pulau Kalimantan, yang acaranya dipusatkan di Taman Alun-alun Kapuas Pontianak.
   
Festival Pesona Lokal Pontianak program CSR bersama Adira Finance, KementerianPariwisata (Pesona Indonesia), dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance. 
   
"Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah, yang kami selenggarakan dalam rangka HUT Adira Finance ke-28 tahun, yang digelar di sembilan kota yaitu Bandung, Solo, Bali, Makassar, Medan, Pontianak, Malang, Palembang, dan Jakarta mulai dari September hingga November 2018," katanya.
   
Ia menambahkan, karnaval budaya tersebut mengelilingi pusat Kota Pontianak sepanjang 1,4 kilometer. Selain Karnaval Budaya, juga diselenggarakan lomba mural dengan tema "Pesona Kotaku" serta lomba kreasi masakan khas daerah dengan tema "Mie Tiauw", serta lomba UMKM dimana akan dipilih tiga UMKM terbaik yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.
   
"Para pengunjung juga kami suguhkan dengan pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner sampai kerajinan khas Kalimantan yang inovatif dan kreatif," ujarnya.
   
Ia menambahkan, hadiah total ratusan juta rupiah menanti pemenang-pemenang Festival Lokal Pontianak, sehingga yang juga dimeriahkan oleh penampilan artis ibu kota Trio Macan, Kiki Asiska dan sejumlah artis lokal.
 
Salah seorang peserta Festival Pesona Lokal Pontianak, yang menampilkan pakaian bernilai seni. (Foto Andilala)

   
Sementara itu, Wakil Direktur IT Adira Finance, Dodi Yuliarso Soewandi menambahkan, selain berbagai perlombaan yang diadakan di setiap kota diselenggarakannya Festival Pesona Lokal, juga akan diberikan penghargaan khusus yaitu Kota Paling Mempesona dari Kemenpar (Pesona Indonesia).
   
"Acara penganugrahan perhargaan tersebut dilaksanakan pada program Indonesia Award di stasiun tv iNews pada bulan November 2018 mendatang," katanya.
   
Ia berharap, kegiatan Festival Pesona Lokal Pontianak hari ini dapat menjadi sebuah acara tahunan yang ikonik di Kalimantan yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. 
   
"Kami harap acara ini berkesan baik bagi pengunjung maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan. Dengan adanya Festival Pesona Lokal, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan juga berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya," katanya.


 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018