Pontianak (Antaranews Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji meminta Kanwil Kemenag Kalbar untuk menata ulang Asrama Haji Pontianak untuk memberikan kenyamanan bagi para calon jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah rukun Islam ke-5 tersebut.

"Saya meminta Kanwil Kemenag Kalbar untuk menata ulang Asrama Haji agar dapat memberikan kenyamanan bagi jamaah haji saat transit dan berada di Asrama Haji Pontianak," kata ?Sutarmidji, saat membuka Rakor dan Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah di Pontianak, Kamis.

Dia menatakan, jika memungkinkan, Asrama Haji dapat dibangun didekat Bandara Internasional Supadio, supaya jamaah haji lebih leluasa dan koordinasi petugas haji dengan pihak bandara lebih gampang," katanya.

Dijelaskannya, tahun depan, Landasan pacu pesawat Bandara Internasional Supadio akan diperpanjang, sehingga nantinya pesawat berbadan besar dapat mendarat dan melayani penerbangan Haji dari Pontianak menuju Tanah Suci.



Pada kesempatan itu, dia juga mengingatkan kepada petugas yang memberikan pelayanan haji kepada jamaah haji yang akan menjalankan rukun Islam kelima di Tanah Suci untuk bisa lebih aktif kepada jamaah haji saat berangkat maupun saat berada di Tanah Suci.

"Petugas Haji harus aktif dengan jamaah haji dan berikan masukan tentang tata cara ibadah saat berada di Tanah Suci," kata Sutarmidji.

Sutarmidji juga meminta kepada petugas haji untuk memberikan pemahaman kepada jamaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji untuk tidak direpotkan dengan barang bawaan yang melebihi aturan.

"Di Tanah Suci, segala keperluan kita ada, jangan kita direpotkan dengan barang bawaan saat ibadah haji," tuturnya.

Dia mengatakan, kondisi ini akan merepotkan petugas dan jamaah haji saat melayaninya menuju tanah suci.

Mantan Wali Kota Pontianak itu juga berharap bahwa Rakor dan Evaluasi Penyelenggaraan Ibadah Haji benar-benar dievaluasi dan berupaya menjadi yang terbaik.

"Hal-hal kecil apapun yang menyangkut Penyelenggaraan Ibadah Haji harus menjadi perhatian kita semua," pintanya.



 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018