Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kabupaten Kubu Raya kembali masuk dalam penilaian sangat tinggi dalam kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah secara Nasional yang diberikan oleh Kemendagri.

 "Kita bersyukur, pada tahun 2018 ini Kubu Raya merangkak naik ke urutan 150 Nasional dengan nilai 3.0698 dengan predikat Sangat Tinggi sekaligus mendapatkan bintang satu," kata Bupati Kubu Raya Rusman Ali di Sungai Raya, Minggu.

Dia mengatakan, hal itu berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo melalui Surat Keputusan Nomor 100-53 Tahun 2018 mengeluarkan hasil penilaian Peringkat dan Status Penyelenggaran Pemerintahan Daerah Secara Nasional untuk 33 Pemerintah Provinsi, 415 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan 93 Pemerintah Kota (Pemkot) di seluruh Indonesia.

 Dari 415 Kabupaten di seluruh Indonesia, 397 kabupaten diantaranya masuk dalam penilaian oleh Kementerian Dalam Negeri untuk ditetapkan peringkat dan status kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah secara Nasional.

Hasil untuk pemerintah daerah di Kalimantan Barat, kabupaten Kubu Raya ada diperingkat ke 3 setelah Kabupaten Sintang dan Landak. Untuk Kalimantan Barat, dimana Sintang berada di urutan 114 nasional dengan skor 3.1353, Landak di urutan 148 Nasional dengan skor 3.0744 dan Kubu Raya 150 Nasional dengan skor 3.0698, dengan penilaian Status Sangat Tinggi (ST) dengan mendapatkan Bintang Satu.

 "Pencapaian tersebut merupakan pencapaian terbaik Kubu Raya sepanjang perjalanan Kabupaten Kubu Raya hingga memasuki usia 11 tahun pada tahun 2018 ini," tuturnya.

Ia mengatakan sebelumnya Kabupaten Kubu Raya belum pernah masuk ke dalam daftar kategori pemerintah Daerah dengan tingkat penyelenggara pemerintah daerah terbaik secara nasional.

 Kabupaten Kubu Raya terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Dimana pada tahun 2016 Kubu Raya berada di urutan 353 Nasional dengan nilai 1.7047 dengan predikat sedang. Kemudian terus mengalami kenaikan ke urutan 245 Nasional dengan nilai 2.7608 dengan predikat Tinggi.

 Rusman Ali mengatakan, hasil evaluasi kinerja penyelenggara pemerintah oleh Kementerian dalam Negeri dalam menentukan peringkat dan status penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional sangat baik untuk memotivasi setiap daerah untuk terus melakukan berbagai inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai bupati, dirinya bersyukur, karena Kabupaten Kubu Raya terus mengalami kenaikan peringkat secara bertahap secara nasional.

Menurut dia, hasil tersebut merupakan buah dari setiap inovasi dan kerja keras setiap OPD di Kubu Raya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 "Kami memang sejak awal memimpin Kubu Raya, langsung melakukan berbagai inovasi dan terobosan dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Walaupun diawal banyak yang tidak suka dengan berbagai kebijakan yang kita lakukan, termasuk salah satunya adalah jam masuk pegawai negeri di Kubu Raya," katanya.

Terkait hal itu, dirinya menekankan disiplin pegawai sejak awal, masuk tepat waktu. Cara itu cukup baik untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

 "Walaupun beberapa orang tidak suka, diawal. Akan tetapi setelah berjalan, kemudian secara perlahan menjadi sebuah kebiasaan yang sangat baik," kata Rusman Ali.

Rusman Ali menjelaskan, keberhasilan membawa Kubu Raya untuk terus maju dan lebih baik merupakan kerja semua. Baik OPD di Kubu Raya, semua staf dan pegawai serta pimpinan dan anggota DPRD Kubu Raya.

 "Ini adalah prestasi kita bersama, mari kita terus pertahankan dan tingkatkan bersama-sama, karena ini adalah hasil dari kerja keras kita bersama. Komitmen kita bersama untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, membuka akses kepada masyarakat, membangun infrastruktur," tuturnya.

 Untuk itu, pihaknya akan mengambil kebijakan dan keputusan-keputasan yang baik untuk masyarakat dan memberikan pelayanan yang baik dari pemerintah kepada masyarakat.

 Dia juga menyampaikan terima kasihnya kepada Wakil Bupati Kubu Raya, Sekda Kubu Raya, semua kepala OPD di Kubu Raya, dan kepada semua pimpinan dan anggota DPRD Kubu Raya yang telah bersama-sama memberikan yang terbaik bagi kemajuan Kubu Raya.

 "Juga terimakasih kepada semua pimpinan dan anggota DPRD Kubu Raya, atas kerja sama yang baik yang terjalin selama ini dalam mendorong kemajuan Kabupaten Kubu Raya di segala sektor," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018