Sebanyak 2.470 orang, terdiri dari ASN, pelajar, organisasi masyarakat serta masyarakat umum lainnya melakukan Tari Jepin Massal dalam merayakan puncak peringatan Hari Jadi Pontianak ke-247.
   
"Sebanyak 2.470 masyarakat yang turut memeriahkan Tari Jepin Massal dalam memeriahkan Hari Jadi Pontianak ke-247 yang di pusatkan di kawasan Taman Alun-alun Kapuas Pontianak," kata Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Selasa.
   
Dari pantauan di lapangan, tampak ribuan masyarakat dari berbagai elemen dengan semangat menari Jepin Massal dengan menggunakan baju khas Melayu Pontianak, yakni baju kurong bagi perempuan, dan baju Telok Belanga bagi laki-laki dengan kain khas corak insang yang merupakan khas motif batik Melayu Pontianak.
   
"Alhamdulillah, meski terik matahari begitu menyengat, tetapi masyarakat sangat semangat dalam menari Jepin Massal hari ini, yang  diiringi lagu Kota Pontianak," ujar Edi.
   
Peringatan Hari Jadi Pontianak tahun ini  bertema "Pontianak Penuh Semangat Menyinari Dunia" acara puncak peringatan Hari Jadi Pontianak dihadiri oleh pejabat di lingkungan Pemkot Pontianak dan Pemprov Kalbar, bersama ribuan ASN dan masyarakat umum Kota Pontianak.
   
Dalam kesempatan itu, Edi Rusdi Kamtono mengatakan Kota Pontianak telah berkembang pesat baik dari sisi tata kelola pemerintahan serta bidang lain yang merupakan hasil kerja keras pemerintah didukung masyarakat luas.
   
Ia menambahkan, peringatan Hari Jadi Kota Pontianak ke-247 telah banyak diisi dengan berbagai kegiatan, seperti festival kirab budaya, arakan pengantin, festival saprahan, festival kuliner dan berbagai lomba, seperti lomba pokok telok,  lomba kayuh kuali dan lain sebagainya.
   
"Kami banyak mengucapkan terima kasih kepada pendiri Kota Pontianak, yakni Sultan Syahrir Abdurrahman Alqadri sehingga Kota Pontianak bisa maju seperti sekarang ini," katanya.
   
Sementara itu, Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk terus melestarikan budaya Pontianak termasuk bahasa. "Tetap bangge gunekan bahase Pontianak karena Pontianak bahase yang keren," katanya.
   
"Saya berharap kepada pak Edi Rusdi Kamtono agar dapat meneruskan inovasi serta pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Pontianak, ke depannya pak Edi harus buat yang terbaik lagi bagi kemajuan Kota Pontianak," katanya.  

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018