Sukadana (Antaranews Kalbar) - Bupati Kayong Utara Citra Duani berharap para pejabat di pemkab setempat dapat memberi contoh yang baik kepada ASN sedangkan ASN dapat menjadi contoh yang baik bagi PTT maupun tenaga honorer pada umumnya.
    "Kedisiplinan pegawai itu dimulai dari (pejabat, Red) atas. Kalau bawahan melihat atasan tidak disiplin maka reformasi birokrasi yang dijalankan pemerintah tidak bisa berjalan dengan baik," ujar Citra Duani.
    Ia akhir pekan lalu menggelar inspeksi mendadak usai apel hari akhir kerja sepekan, Jumat (2/11) pukul 15.30 petang.
    Ia menerangkan di lingkungan Kantor Bupati Kayong Utara terdapat 160 tenaga pegawai tidak tetap (PTT) atau honorer dan 80 aparatur sipil negara (ASN). Totalnya ada 240 pegawai namun pegawai yang mengikuti apel Jumat petang, tidak sampai setengahnya.
    "Banyak yang izin dan tugas di luar," ujarnya. Bupati Citra memimpin apel akhir pekan didampingi didampingi para Asisten Sekretariat Daerah (Setda) KKU dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) KKU. 
    "Saya berikan apresiasi dan terimakasih kepada para pegawai yang hadir di apel Jumat sore. Bagi yang belum hadir di apel Jumat sore, diharapkan dapat hadir di apel Jumat sore mendatang," kata Bupati Citra.
    Bupati Citra melihat beberapa pegawai yang tidak ikut apel Jumat petang dikarenakan pulang kampung. Ada yang ke Pontianak, Kubu Raya, Ketapang, dan lain-lain. Diharapkan izin pulang kampung tidak setiap pekan atau tiap minggu balik.
    "Kalau izin balik kampung sebulan sekali, saya masih bisa maklumi karena rindu anak, istri, orangtua, dan lain-lain. Saya sekali lagi menegaskan, ingin tetap di jabatan atau balik kampung. Sebab ASN dan tenaga honorer itu siap ditempatkan di tempat kerja. Itu bagian dari tanggungjawab kerja kita," tegas Citra Duani.
    Selanjutnya Bupati Citra dan rombongan dikawal kendaraan patroli Satpol-PP melaksanakan Sidak di kantor-kantor. Mulai menyisir kompleks perkantoran yang ada Dinas Transmigrasi hingga ke Dinas Perhubungan dan sekitarnya.
    Sedangkan di kompleks perkantoran Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana, Dinas Pendidikan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta lain-lain, sidak dipimpin Wakil Bupati Kayong Utara  Effendi Ahmad.

 

Pewarta: Rizal/Humas KKU

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018