Pontianak (Antaranews Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji melepas 160 pelajar yang telah diseleksi untuk mengikuti kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) II yang dilaksanakan di Surakarta.

"Ke-160 pelajar ini akan memperkuat Kontingen Kalbar di ajang Popwil II di Surakarta pada 7-13 November 2018," kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar Natalia Karyawati usai mengikuti pelepasan kontingen Popwil Kalbar di Pontianak, Selasa.

Dia menjelaskan agenda Popwil II yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI ini bertujuan sebagai seleksi atlet yang akan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019.

"Untuk Popwil tahun ini, Kalbar menurunkan 160 atletnya dari cabang olahraga bola basket, bola volli, sepak takraw, sepak bola, tenis meja, tenis, bulu tangkis, dan pencak silat," tuturnya.

Para pelajar yang turun di ajang Popwil ini akan menghadapi dan bersaing dengan lima provinsi lain, yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Bengkulu, Lampung, dan Sumatera Selatan.

Sebelumnya 160 altet pelajar telah menjalani pemusatan latihan pada 2-6 November 2018 yang ditangani Dispora provinsi setempat. "Nantinya para atlet yang lolos dalam Popwil akan mengikuti Popnas 2019 yang rencananya dihelat di Papua," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji yang melepas kontingen atlet Popwil II Kalbar mengatakan para pelajar ini harus memaksimalkan seluruh potensinya untuk menjadi juara.

Gubernur berjanji akan memberikan bonus kepada pelajar yang berhasil meraih medali. "Kita minta para pelajar harus semaksimal mungkin untuk jadi juara, jangan mau kalah sama para pelajar dari provinsi lainnya," tuturnya.

Ia berharap kepada para atlet di cabang olahraga bola basket bisa menjadi juara di ajang Popwil II tersebut.

"Saya lihat postur atlet bola basket cukup mendukung bisa jadi juara. Saya optimistis bola basket bisa menjadi salah satu juara," katanya.

Rencananya Sutarmdiji juga akan membangun lapangan olahraga bola basket yang resentatife di kawasan stadion SSA."Tahun depan kita rencanakan pembangunan lapangan bola basket di kawasan stadion karena saya lihat prestasi olahraga basket cukup bagus," katanya.

Baca juga: Atlet Kayong Utara berlatih di tebing batu

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018