Pontianak (Antaranews Kalbar) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Musa Jairan mengatakan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap II meningkat sebesar 6,5 persen dari data sebelumnya.

"Berdasarkan hasil penetapan yang telah kami lakukan bahwa total DPTHP tahap II sebanyak 179.328 pemilih," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Sabtu.

Musa merincikan dengan adanya penetapan DPT HP tercatat bahwa jumlah pemilih laki-laki sebanyak 93.008 dan pemilih perempuan sebanyak 86.240 yang tersebar di 17 kecamatan, 122 desa dan 2 kelurahan.

"Di Kabupaten Bengkayang sendiri untuk Pemilu 2019 mendatang terdapat 791 Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata dia.

Dia menambahkan, dari proses perbaikan data pemilih yang ada tersebut diprediksikan bisa masuk perbaikan tahap III.

"Namun hal itu juga tergantung rekomendasi Bawaslu RI dan masukan partai politik peserta Pemilu kepada KPU pada rapat pleno penetapan DPT tingkat nasional," papar dia.

Dia menjelaskan bahwa proses penyusunan dan perbaikan data pemilih dilakukan dengan memasukkan pemilih baru yang belum terdaftar.

"Kemudian kita juga menghapus pemilih yang tidak memenuhi syarat atau TMS memperbaiki elemen data yang keliru," kata dia.

Ia mengajak masyarakat Kabupaten Bengkayang yang berbatasan langsung darat dengan Malaysia tersebut untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan setiap tahapan dan proses Pemilu 2019.

"Kesuksesan Pemilu 2019 di Bengkayang bukan hanya dilakukan oleh KPU saja namun peran andil masyarakat sangat penting dengan berpartisipasi aktif dan mendukung setiap proses tahapan Pemilu," katanya.

Terpenting lagi kata dia dalam Pemilu semua pihak menjaga ketertiban dan keamanan serta kelancaran di setiap tahapan Pemilu.

"Perbedaan pandangan dan pilihan politik adalah hak dan wajar. Namun hal itu jangan membuat kita bercerai berai antara satu sama lainnya. Mari bersama kita bergandengan tangan menyukseskan pesta demokrasi ini dengan suasana gembira dan penuh rasa persaudaraan. Kita adalah semua saudara," kata dia.


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018