Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kasi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Helmi Aswandi mengatakan, saat ini harga bawang merah mengalami kenaikan.

"Dari hasil pantauan kita, untuk bawang merah dengan kualitas sedang di sejumlah pasar tradisional berkisar antara Rp24 ribu -Rp25 ribu per kilogram," kata Helmi di Singkawang, Senin.

Minggu lalu, katanya, harga bawang merah masih sekitar Rp22 ribu per kilogram. Kenaikan ini disebabkan masa panen bawang merah telah usai, jadi harga sudah mulai bergerak naik.

Sementara untuk bawang putih masih terbilang stabil diharga Rp18 ribu per kilogram. Untuk telur ayam ras, menurutnya ada kecenderungan naik, karena di pasaran ada yang menjual antara Rp21 ribu -Rp22 ribu per kilogram.

"Bahkan ada pedagang yang menjualnya Rp22 ribu per kilogram. Normalnya biasa diharga Rp21 ribu per kilogram," ujarnya.

Kalau daging ayam, lanjutnya, masih stabil dengan harga tinggi yakni dikisaran antara Rp35 ribu- Rp38 ribu per kilogram.

Untuk ikan tongkol jenis hitam, turun harga dikisaran antara Rp22 ribu - Rp25 ribu per kilogram. "Minggu lalu masih dikisaran antara Rp25 ribu - Rp30 ribu per kilogram," ungkapnya.

Untuk sayur-sayuran seperti wortel seharga Rp22 ribu per kilogram, tomat seharga Rp12 ribu - Rp15 ribu per kilogram, kol Rp12 ribu per kilogram, sawi Rp5 ribu per ikat dan kentang jawa antara Rp14 ribu - Rp15 ribu per kilogram.

"Bahkan harga cabe rawit lokal turun drastis dari Rp40 ribu, namun sekarang menjadi Rp35 ribu per kilogram," jelasnya.

Untuk daging sapi, katanya, hingga kini masih stabil diharga tinggi sekitar Rp120 ribu per kilogram.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018