Pontianak (Antaranews Kalbar) - Polres Singkawang, Kalimantan Barat menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka persiapan Operasi Lilin Kapuas 2018 pada perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

? ?"Rakor ini dilaksanakan untuk berkoordinasi berkaitan kesiapan Polres Singkawang sebagai terdepan dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi di Singkawang, Selasa.

? ?Terkait hal itu, pihaknya berkoordinasi dengan TNI, pemerintah kota dan semua stakeholder untuk meyakinkan bahwa segala lini dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru bisa terlaksana dengan baik.

? ?Rakor tersebut membahas masalah personel yang dilibatkan dan kendala yang dilaporkan oleh masyarakat maupun lalu lintas.

? ?Berkaitan lalu lintas orang dan barang pihaknya tetap mengawasi dan fokus terutama pengamanan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru.?

? ?Pengamanan itu difokuskan kepada tempat-tempat wisata karena di perayaan Natal dan Tahun Baru kelak dipastikan banyak masyarakat yang menghabiskan waktu dan berekreasi di tempat objek wisata.?

? ?"Jangan sampai di situasi yang sedang ramai itu, dipergunakan atau dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk berbuat yang tidak baik seperti penggunaan atau transaksi narkoba," ujarnya.? ?

? Dirinya memerintahkan Satuan Narkoba Polres Singkawang untuk mencari informasi serta melakukan tindakan penyelidikan lalu lintas narkoba.?

? ?Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru juga, Polres Singkawang akan mendirikan tujuh pos pelayanan dan pengamanan.

"Dua pos pelayanan dan lima pos pengamanan," katanya.?

? ?Dua pos pelayanan didirikan di Pasir Panjang dan Mall. Sedangkan lima pos pengamanan di simpang dekat Taman Cinta, simpang VIT, bundaran AI, simpang Kalimantan dan samping BNI Jalan Diponegoro.?

? ?"Pendirian pos-pos ini akan dimulai dari tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan tanggal 1 Januari 2019," jelasnya.?

? ?Personel yang dilibatkan sesuai yang dianggarkan untuk pengamanan hari raya Natal dan Tahun Baru ada sebanyak 99 orang. Namun pada pelaksanaannya kelak, Polres Singkawang akan menurunkan kurang lebih 90 persen personel guna mengamankan kegiatan tersebut.?

? ?"Ditambah lagi keterlibatan personel dari TNI, Dishub, Satpol PP, Pramuka, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja dan lain-lain," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018