Pontianak (Antaranews Kalbar) - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie membuka event "Singkawang Christmas Day" yang dipusatkan di eks Bioskop Kota Indah, Jl Diponegoro, Minggu.

"Saya mengaku bangga melihat kreativitas anak-anak muda Kota Singkawang, khususnya panitia Christmas Day yang sudah menghias Kota Singkawang sehingga nuansa penyambutan perayaan Natal dan Tahun Baru terasa meriah," kata Tjhai.

Sebagaimana diketahui, bahwa Kota Singkawang baru-baru ini telah mendapatkan predikat di peringkat pertama sebagai kota paling toleran di Indonesia.

Hal itu dikarenakan, setiap hari besar keagamaan di Kota Singkawang, selalu dirayakan secara besar-besaran dengan menghias kota sehingga indah untuk di pandang dan dapat menarik kunjungan wisatawan.

 "Inilah bukti-bukti toleransi yang selalu kita wujudkan secara nyata, jadi bukan hanya kata-kata khususnya di Kota Singkawang," ujarnya.

Tidak lupa juga dia mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang, yang telah bersama-sama menjaga serta menjalin hubungan baik antarumat beragama dari berbagai etnis yang ada di daerah ini.

"Saya berharap masyarakat Kota Singkawang bisa tetap menjaga kerukunan dan keharmonisan yang sudah kita bina ini, maka dari itu mari kita tingkatkan sehingga Singkawang bisa menjadi yang lebih baik lagi dalam mewujudkan Singkawang Hebat," katanya.

Dengan begitu, tentu akan banyak mengundang para investor yang mau berinvestasi di Kota Singkawang, yang mana saat ini Pemkot Singkawang sedang merencanakan pembangunan bandara pada 2019.

"Saya atas nama Pemkot Singkawang juga mengucapkan selamat hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi mengatakan, Kota Singkawang memang sangat pantas untuk dikatakan sebagai kota paling toleran.

"Karena setiap ada kegiatan besar, partisipasi masyarakat dari berbagai etnis dan golongan ikut terlibat untuk menyukseskannya," katanya.

Hal ini membuktikan, bahwa tingkat toleransi yang ada di masyarakat Kota Singkawang terbilang sangat tinggi sekali.

Sementara dari sisi keamanan juga, katanya, sangat membantu pihak kepolisian karena kesepakatan antara sesama masyarakat maupun golongan untuk menciptakan suatu keadaan yang damai, aman dan tertib.

 "Ini tentunya sangat membantu kami bersama TNI yang bertanggungjawab terhadap masalah keamananan sehingga tugas kami akan terasa lebih ringan," ujarnya.

 Dia selaku umat Kristiani, berjanji akan melaksanakan hari raya Natal bersama keluarga dengan baik, dan berharap damai Natal 2018 ini juga dapat dirasakan seluruh masyarakat khususnya di Kota Singkawang.

Sementara Ketua Panitia Singkawang Christmas Day, Yoris Anes mengatakan, sebelum melaksanakan ini, dia melakukan diskusi bersama Wali Kota Singkawang bagaimana cara memeriahkan hari raya Natal.

 "Usai melakukan diskusi, kita bentuk panitia kecil untuk merekrut para donatur yang bersedia untuk mendukung kegiatan ini," katanya.

Dia bersyukur, event perayaan natal yang digelar itu tidak sampai mengganggu dana APBD Kota Singkawang. Hal itu dikarenakan, cukup banyak donatur yang terlibat untuk memberikan sumbangsihnya demi kelancaran dan kesuksesan event Singkawang Christmas Day.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018