Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono memerintahkan kepada jajarannya untuk ikut mengawasi dana desa agar tepat sasaran dan tidak terjadi penyimpangan dalam mensukseskan program desa mandiri.

"Saya sudah perintahkan kepada para kapolres agar memerintahkan para Babinkamtibmas untuk ikut mengawasi dana desa agar sesuai peruntukannya dan tidak terjadi penyelewengan," kata Didi Haryono di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, sejak awal menjabat sebagai Kapolda Kalbar, dirinya mempunyai komitmen, yaitu zero ilegal dan zero tolerance di mana yang bersifat ilegal harus tidak ada lagi, sesuai dengan slogannya, Polda Kalbar Berkibar, yaitu bekerja dengan benar.

"Pengelolaan dana desa jangan sampai dipegang oleh orang yang bukan bidangnya, dan dana tersebut harus mampu mewujudkan pembangunan desa dan memberdayakan masyarakat desa itu sendiri," ujarnya.

Baca juga: Pemdes harus perbaiki laporan keuangan desa
Baca juga: BNI Dukung Program Penciptaan Dana Desa Migran Produktif

Didi menambahkan, pihaknya sangat mendukung tercapainya program desa mandiri di 14 kabupaten/kota di Kalbar sesuai program Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Sehingga, dia berharap dana desa dapat digunakan dan bertujuan mensejahterakan masyarakat desa, dan jangan sampai digunakan untuk hal-hal yang tidak penting.

Dalam kesempatan, Kapolda Kalbar menambahkan, di tahun 2019 banyak agenda di tingkat provinsi tentunya juga akan ditindaklanjuti di tingkat kabupaten/kota, untuk itu sangat dibutuhkan dukungan semua pihak sehingga semua agenda bisa berjalan dengan lancar dan aman.

"Saya mengajak masyarakat agar kembali menggiatkan program siskamling dan gotong royong dalam mendukung program pembangunan desa mandiri di Kalbar," katanya.

Baca juga: Kapolda Kalbar ajak masyarakat terus pelihara kerukunan
Baca juga: Kapolda Kalimantan Barat ajak masyarakat sukseskan Pemilu 2019

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019