Sintang (Antaranews Kalbar)  - Bupati Sintang Jarot Winarno menargetkan Jembatan Nanga Tempunak di Kecamatan Tempunak yang dibangun sejak 2016 lalu, akan tuntas tahun ini.
    "Keberadaan jembatan ini sangat penting, dan menghubungkan beberapa desa sekitar. Jembatan tersebut selama ini keberadaannya didamba-dambakan masyarakat di sini," katanya di Sintang.
    Jadi, selesainya Jembatan Tempunak sangat penting untuk mobilitas warga, mengingat selama ini warga hanya mengunakan jembatan gantung yang menghubungkan Desa Tempunak Hilir dan Tempunak Hulu sehingga cukup sulit melakukan aktivitas sehari hari karena tidak dapat dilalui mobil dan kendaraan berat lainnya.
    "Dengan dibangunnya jembatan beton rangka baja tipe B ini diharapkan dapat menghubungkan Tempunak Hilir dan Tempunak Hulu dan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari–hari khususnya mobilitas barang, mengingat Kecamatan Tempunak memiliki wilayah yang sangat luas. Kami sudah bertekad menyelesaikan pembangunan jembatan ini pada tahun 2019," ujar Jarot Winarno.
    Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Sintang A'ef Sutardi saat mendampingi Bupati Sintang menjelaskan pembangunan jembatan di Nanga Tempunak Kecamatan Tempunak sudah dilakukan dari tahun 2016 yang lalu dengan menggunakan anggaran DAK sebesar Rp3 miliar yang hanya mampu untuk pengerjaan dasar abotmen jembatan kiri dan kanan.
    "Kemudian pada tahun 2017 dilanjutkan pengerjaan dengan memasang rangka baja jembatan dengan tambahan alokasi dana sebesar Rp8 miliar. Tahun 2019 ini pembangunan jembatan akan dilanjutkan untuk perampungan pengerjaan jembatan mengunakan dana DAU sebesar Rp1,5 miliar dan akan dilelangkan pada bulan Februari 2019," kata dia.
    Dana sebesar itu akan digunakan untuk melanjutkan pekerjaan pengecoran lantai jembatan dan penimbunan tanah yang ada di sekitar jembatan (oprit). "Kami  harapkan akan mulai pengerjaan di bulan April dan harus selesai secara keseluruhan bahkan  sudah dapat digunakan dan difungsikan oleh masyarakat Kecamatan Tempunak," katanya menegaskan.

 

Pewarta: Tantra/Humas Sintang

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019