Pontianak (Antaranews Kalbar) - Satuan lalu lintas Polres Singkawang telah memberikan cara mudah kepada masyarakat agar bisa lulus ujian dalam mendapatkan SIM.

"Inovasi yang kita lakukan adalah menyiapkan `coaching clinik` (tempat latihan praktik pengujian SIM) kepada masyarakat yang setiap saat bisa dilakukan," kata Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri, di Singkawang, Senin.

Adapun lokasi "coaching clinik" ini, bertempat di halaman Kantor Satlantas Polres Singkawang, Jalan Nusantara Nomor 55 Singkawang.

Baca juga: Tingginya minat pelajar Singkawang miliki SIM

Dia berharap, agar persepsi masyarakat untuk mendapatkan SIM sangat sulit, namun dengan belajar dan berlatih maka hal tersebut bisa didapatkan oleh masyarakat khususnya warga Singkawang.

"Satlantas juga akan memberikan pengetahuan tentang lalu lintas seperti rambu lalu lintas, marka jalan, cara aman berkendara serta disiplin dan mentaati aturan lalu lintas," ucapnya.

Kedepan, agar masyarakat selaku pengendara lebih memahami dan berhati-hati dalam berlalu lintas. "Ini juga merupakan upaya Satlantas Polres Singkawang guna mencegah dan meminimalisasi kecelakaan lalu lintas di wilayah Kota Singkawang," tuturnya.

Baca juga: Polres Singkawang tambah jadwal layanan SIM hingga Sabtu

Dengan adanya kemudahan seperti ini, dia juga mengimbau kepada masyarakat Singkawang yang belum memiliki SIM bisa mendatangi ke Satlantas Polres Singkawang.

"Dengan membawa persyaratan seperti `foto copy` KTP, surat keterangan dari dokter, map warna hijau untuk SIM C dan warna merah untuk SIM A," ujarnya.

Pemohon juga diimbau untuk datang sendiri ke Satlantas Polres Singkawang untuk melakukan pendaftaran.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019