Singkawang (ANTARA) - DPRD Singkawang siap mengawal usulan masyarakat yang sudah disampaikan dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) kecamatan untuk program pembangunan tahun 2020.

"DPRD tentunya siap mengawal usulan masyarakat, bahkan bisa juga diusulkan oleh anggota DPRD sesuai daerah pemilihannya jika memang usulan itu tidak di akomodir," kata Ketua DPRD Singkawang, Kalimantan Barat, Sujianto di Singkawang, Kamis.

Dia mengatakan, usulan program masyarakat yang disampaikan tentunya akan dilihat sejauhmana urgensinya dan prioritas.

Baca juga: Karolin serap aspirasi pembangunan desa melalui musrembang kecamatan

"Karena memang perlu kita lihat usulan warga ini mana yang prioritas, lalu yang sifatnya urusan wajib dan urusan pilihan dalam penyelenggaraan pemerintahan," ujarnya.

Karena bagaimanapun, kata dia, Musrenbang ini dihadiri seluruh komponen pemerintahan dan masyarakat, mulai dari kepala dinas yang mengetahui teknis kegiatan terkait, camat, lurah, RT, tokoh agama hingga tokoh masyarakat.

"Misalkan, menyinggung soal kondisi kantor Kelurahan Melayu dan Kantor Kelurahan Pasiran yang berada di Kecamatan Singkawang Barat, hal ini juga patut diperhatikan karena memang kondisinya seperti itu," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya tindaklanjuti hasil musrenbang tingkat kecamatan

Dia mengatakan apalagi kantor inikan sifatnya pusat pelayanan masyarakat, apakah layak seperti itu. Jika memang kondisi keuangan pemerintah daerah tidak memungkinkan, maka bisa juga dilakukan rehab atau pembangunan secara bertahap, karena tujuannya jelas dalam upaya memberikan pelayanan maksimal ke masyarakat yang didukung sarana dan prasarana memadai.

"Ini juga termasuk salah satu urusan wajib terkait langsung dengan pelayanan publik. Kemudian yang perlu adalah bagaimana usulan pembangunan masyarakat bisa sinkron dengan apa yang menjadi arah pembangunan baik Pemkot, provinsi hingga pemerintah pusat, sehingga apa yang kita usulkan ini berkesinambungan, katanya.

Baca juga: Kadistan Sambas : Ajukan Bantuan Melalui Musrenbang

Ia menekankan apa yang menjadi prioritas pembangunan di Kota Singkawang tahun 2020 harus sesuai visi dan misi Singkawang Hebat, karena pencapaian dan indikator akan hasil kerja akan dilihat masyarakat.

"Saya berharap nantinya masyarakat senantisa bisa mendorong agar program yang dibuat bisa teralokasi dan teranggarkan," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019