Politeknik Negeri Sambas(Poltesa) yang berada di Jalan Raya Sejangkung Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat menyediakan tiga jenis beasiswa dalam rangka menunjang biaya perkuliahan dan peningkatan prestasi mahasiswa.

"Tiga beasiswa tersebut adalah Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Bantuan Sosial Pemkab Sambas," ujar Fatmawati selaku pengurus beasiswa saat dihubungi di Sambas (2/3).

Ia mengatakan dari ketiga beasiswa tersebut mempunyai syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang ingin mencalonkan diri sebagai peserta beasiswa tersebut.

"Untuk beasiswa Bidikmisi merupakan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu dimana proses penjaringannya dilakukan pada saat mahasiswa masih duduk dibangku SLTA,"kata dia.

Sementara itu beasiswa Bidikmisi juga menyediakan kebutuhan hidup seperti uang saku atau biaya hidup dan biaya pendidikan atau SPP.

"Untuk memperoleh beasiswa Bidikmisi dilakukan penyeleksian yang melalui nilai akademik dari  kelas satu sampai kleas tiga SMA atau SMK,sertifikat di bidang ekstra kulikuler dan kita juga melakukan survei ke rumah calon peserta Bidikmisi,"paparnya.

Sementara itu untuk beasiswa PPA akan dilakukan seleksi nilai yang di mulai dari semester dua, empat dan semester enam.

"Dari semester dua, empat dan enam untuk penyeleksian nilai yang sudah mendapatkan kartu hasil studi semester ganjil sebelumnya dengan syarat IPK 3,00 dan dilengkapi dengan sertifikat ekstra kulikuler dan serta sertifakat-sertifat lainnya," kata dia.

Ia menjelaskan untuk beasisiwa Bantuan Sosial Pemkab Sambas memang dicari mahasiswa dari semester satu yang layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

"Bantuan Sosial Pemkab Sambas ini berupa bantuan sosial dan bantuan pendididkan dan untuk mendapatkan beasiswa tersebut mahasiswa harus mempunyai IPK 3,00," jelasnya.

Ia berharap dengan berbagai jenis beasiswa yang ada akan dapat meningkatkan prestasi dan minat kuliah di kampus negeri pertama di Sambas tersebut.

"Kita akan terus meningkatkan SDM Sambas melalui proses dan pembelajaran yang maksimal di kampus ini. Dengan adanya beasiswa juga terut membantu mahasiswa untuk berprestasi," tutup dia.
   

Pewarta: Tim Magang / Lina

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019