Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Siswo Handoyo mengajak agar seluruh masyarakat di wilayah Kapuas Hulu provinsi Kalimantan Barat untuk mensukseskan pemilu 2019 dengan damai.
"Nyoblos saat Pemilu itu keren, mari kita ciptakan Pemilu 2019 yang damai, aman dan tertib," kata Handoyo, dihubungi Antara usai deklarasi damai Pemilu 2019, di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Senin.
Dikatakan Handoyo, dari semua tahapan Pemilu hingga saat ini di wilayah Kapuas Hulu masih aman dan kondusif dengan penuh rasa kekeluargaan.
Dia berharap masyarakat Kapuas Hulu selalu menjaga keamanan dan ketertiban yang sudah terbangun dengan baik selama ini.
"Negara kita ini negara demokrasi, jika pun berbeda pilihan itu biasa dan jangan dijadikan persoalan yang dapat merusak rasa persatuan dan kesatuan," ucap Handoyo.
Menurut Handoyo, untuk keamanan dan ketertiban bukan hanya tanggungjawab TNI - Polri semata, namun secara bersama mulai dari pemerintah hingga lapisan masyarakat. " Kami sebagai abdi negara siap mengamankan Pemilu 2019 agar dapat berjalan aman dan lancar," kata dia.
Dijelaskan Handoyo, sebagai wujud komitmen bersama pihaknya telah mengundang berbagai pihak termasuk partai politik, tokoh masyarakat hingga peserta pemilu (Caleg) untuk bersama - sama mengucapkan deklarasi damai pemilu 2019 sekaligus penandatanganan deklarasi itu.
Ia menyampaikan deklarasi damai pemilu 2019 itu ada empat poin. Pertama, bersepakat menciptakan Pemilu 2019 yang aman, damai, jujur, demokratis dan berintegritas di kabupaten Kapuas Hulu.
Kedua, mendukung penegakan hukum,  menolak terhadap segala bentuk penyebaran berita hoax, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi serta menolak isu - isu yang memecah belah, kebhinekaan dalam pemilu 2019 di Kabupaten Kapuas Hulu.
Ketiga, menolak segala bentuk kegiatan money politik, politik identitas dan negatif campaign.
Ke empat yaitu menolak segala paham radikalisme, terorisme dan usaha - usaha yang menganti ideologi Pancasila dengan ideologi lainnya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019