Komisi 1 DPRD Provinsi Kalimantan Barat melakukan monitoring persiapan lokasi pembangunan kompleks Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan.

"Pada intinya DPRD Provinsi sangat mendukung jika SPN Polda Kalbar mau dibangun di Singkawang. Kalau bisa tahapan demi tahapan dipercepat," kata Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Kalbar, Subhan Nur di Singkawang, Rabu.

Pihaknya pun mengaku selalu siap mengawasi legislasi penganggaran setiap tahapan pembangunan SPN di Singkawang. "Kita akan selalu monitoring sejauh mana aspek kendala dalam pelaksanaan pembangunan yang sudah menjadi wewenang Komisi 1 DPRD Provinsi Kalbar," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi mengatakan, jika pembangunan SPN di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan saat ini sedang berjalan.

"Pemprov dan Pemkot Singkawang sangat mendukung. Saat ini juga sudah ada Gapura SPN, sedangkan untuk jalan saat ini sudah tembus dan terbuka sekitar 40 persen dan sudah siap dibangun," katanya.

Maka dari itu, Raymond mohon doa dan dukungan dari masyarakat Singkawang agar pembangunan SPN cepat terealisasi. "Karena dengan adanya SPN di Singkawang Selatan, maka makin lama para penambang tanpa izin (PETI) akan semakin hilang. Dan memang faktanya di lapangan demikian," ujarnya.

Raymond juga berharap, masyarakat yang sudah meninggalkan PETI bisa diberi pekerjaan lain maupun bidang usaha oleh pemerintah kota.

Sementara wali kot Singkawang, menyambut positif kehadiran Komisi I DPRD Kalbar ke kota tersebut.

"Saya atas nama Pemerintah Kota Singkawang mengucapkan selamat datang di Kota Singkawang, semoga kehadiran rombongan Komisi I DPRD Provinsi Kalbar ikut memberikan warna bagi penyelenggaraan roda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Singkawang," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Singkawang, katanya, sebagai kota terbesar kedua di Kalimantan Barat dengan luas wilayah 504 Km persegi, jumlah penduduk sebanyak 236.395 jiwa dan keanekaragaman potensi yang dimiliki Kota Singkawang, tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang untuk datang ke Kota Singkawang.

"Dengan letak yang strategis dan sebagai penyangga pertumbuhan ekonomi bagi Kabupaten Sambas dan Bengkayang. Selain itu Kota Singkawang juga akan menjadi tujuan bagi warga masyarakat daerah lain yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," katanya.

Dia juga menjelaskan, untuk luas tanah SPN lebih kurang 40 hektare. Lokasi SPN berada di Jalan Conglongkong RT 010/ RW 004, Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan.

Sementara status jalan menuju lokasi SPN merupakan jalan Kota Singkawang. "Akses masuk ke lokasi SPN dapat melalui Jalan Simpang Serompet RT 008/RW 002, Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan," jelasnya.

Kondisi jalan menuju lokasi SPN saat ini masih berupa jalan tanah. Jalan tanah tersebut dimulai dari simpang Serompet ke lokasi SPN lebih kurang 7 Km. "Jarak tempuh dari Pusat Kota menuju lokasi SPN sejauh 18 Km," tuturnya.

Pemilik lahan awal adalah warga Kelurahan Sagatani dimana proses hibah ke Polda Kalbar sudah selesai dan tidak ada masalah di lapangan. Sehubungan dengan rencana pembangunan kompleks Sekolah Polisi Negara (SPN) di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Pemerintah Kota Singkawang sangat mendukung program pembangunan tersebut.

"Karena ke depan dengan adanya SPN tentunya akan bermanfaat langsung kepada masyarakat," katanya.

Dari aspek ekonomi, jelasnya, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Dari aspek keamanan, dengan adanya SPN di Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, pasti akan memberikan rasa aman dan semakin mendekatkan Polri kepada masyarakat setempat dalam meningkatkan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

"Selain itu kami juga mengharapkan dukungan dari Komisi 1 DPRD Provinsi Kalimantan Barat maupun DPRD Kota Singkawang untuk dapat mendukung secara maksimal pembangunan sarana prasarana pendukung khususnya sarana jalan," pintanya.

Dengan adanya Sekolah Pendidikan Polisi (SPN) di Singkawang nanti, dia berharap agar kehadirannya ke depan dapat memberikan manfaat langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat khususnya Kelurahan Sagatani dan umumnya Kota Singkawang. "Serta meningkatkan pelayanan POLRI kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019