Gubernur Kalbar, Sutarmidji  melakukan kunjungan ke Desa Sutera di Kabupaten Kayong Utara. Desa Sutera merupakan satu – satunya desa kategori mandiri di Kalbar dan pada kesempatan tersebut mendorong pemerintah desa mengembangkan Bumdes.
“Kita mendorong Desa Sutera  agar mengembangkan BUMDes satu di antara bergerak di bidang elpiji. Saya akan memberikan rekomendasi 5.000 tabung gas elpiji kepada Desa Sutera  untuk dikembangkan  BUMDesnya,”ujarnya di Sukadana, Kayong Utara, Senin.
Dalam kunjungan tersebut, Gubernur yang dilantik pada tahun 2018 ini akan menjadikan Desa Sutera sebagai referensi nya untuk mengembangkan desa lainnya di Kalbar sesuai targetnya menjadikan 400 desa mandiri di provinsi yang memiliki 2031 desa.
“Pertama kita lihat balai desanya, rapi,  datanya lengkap, ini menunjukkan  semua komponen pelayanan nya pasti dilayani dengan baik. Saya juga tidak bertanya dengan kepala desanya  Kalau pelayanan disini, dilayani   secepat - cepatnya,” kata dia.
Ia mengharapkan agar Bupati Kayong Utara ke depannya meningkatkan pelayanan di tingkat desa yang ada di daerah itu dengan mengembang sistem pelayanan berbasis online.
“Saya  nanti minta dengan bupati, agar desa - desa yang internet nya sudah kuat itu harus sudah menggunakan website berbasis email, jadi nanti, orang dari rumah sudah bisa mengisi data sesuai keperluan, pas sudah datang ke sini, surat sudah jadi,” jelas dia.
Sementara itu, Kepala Desa Sutera Ripa'i bersyukur akan kehadiran gubernur ke desa yang ia pimpin. Menurutnya dengan kedatangan orang nomor satu di Kalbar tersebut bisa memberikan semangat dalam melayani masyarakat dengan sepenuh hati ke depannya.
“Kunjungan beliau sudah kami nanti - nanti dari dulu, karena nasehat dan motivasi untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat serta untuk meningkatkan Desa Sutera bisa lebih baik,”jelasnya.
Lanjutnya, dalam kunjungan Gubernur tersebut  ada beberapa catatan untuk Desa Sutera agar ke depannya lebih baik dalam meningkatkan pelayanan di Desa Sutera
“Terutama, pelayanan kita, diharapkan beliau agar mengembangkan sistem online, supaya lebih cepat dan lebih mudah untuk masyarakat di desa,” papar dia.
Baca juga: Antara latih jurnalistik aparatur Desa Sutera

Pewarta: Dedi/Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019