Komisi Pemilihan Umum  Kota Pontianak, akan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara Pemilu 2019.

"Rencananya kami akan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara Pilpres dan Pileg 2019, Sabtu (13/4) di halaman Kantor KPU Kota Pontianak, Jalan Johar," kata Ketua KPU Kota Pontianak Deni Muliadi di Pontianak, Selasa.

Deni menjelaskan, simulasi tersebut dilakukan untuk mengujicoba proses pemungutan dan penghitungan surat suara saat hari H atau Pilpres dan Pileg 2019, baik bagi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)) maupun pihak lainnya yang terlibat pada penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Intinya simulasi tersebut digelar agar bisa menemukan jika ada potensi masalah yang nanti akan dievaluasi, kemudian kita sampaikan ke badan ad hoc untuk menjadi masukan agar pada hari H nanti bisa berjalan lancar, aman, dan tertib," ungkap Deni.

Ia menjelaskan, simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara Pemilu 2019 tersebut, juga akan melibatkan penyandang disabilitas.

Data KPU Kota Pontianak mencatat surat suara Pemilu 2019 untuk wilayah Kota Pontianak sekitar dua jutaan surat suara untuk Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Tercatat jumlah pemilih pada Pemilu 2019 sebanyak 458.936 orang dengan sebanyak 2.007 TPS yang tersebar di enam kecamatan di Kota Pontianak.

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019