Hari terakhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS di Kota Singkawang masih berjalan dengan aman dan lancar, kata 
Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro.

"Pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs berbasis komputer sampai saat ini masih berjalan dengan aman dan lancar. Saya berharap UNBK kali ini bisa memberikan raihan prestasi yang lebih baik dibanding tahun kemarin," kata Sumastro usai memantau pelaksanaan UNBK di sejumlah SMP/MTs, Kamis.

Diapun menilai, jika penyelenggaraan UNBK tahun ini sangat tertib dan sudah sesuai dengan standar. "Mudah-mudahan Kota Singkawang bisa meningkatkan dari sisi kualitas maupun penyelenggaraan ujiannya," ujarnya.

Harapan itu bukan hanya ditujukannya kepada siswa SMP/MTs saja, tapi juga kepada siswa SD yang saat ini sedang melaksanakan ujian sekolah.

 "Meskipun pelaksanaan ujian masih manual, tapi berdasarkan hasil pantauan saya tadi sudah terselenggara dengan baik," tuturnya.

Ke depan, pihaknya mengevaluasi secara detail dengan melibatkan kalangan pendidikan karena Singkawang menjadi salah satu barometer pendidikan di Kalbar.

"Sehingga kita tidak berharap terjadi penurunan tetapi harus ada peningkatan," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Dewan Pendidikan Singkawang, Helmi Fauzi juga mengatakan, pelaksanaan UNBK pada umumnya sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan rencana.

"Harapan saya ke depan, supaya kualitas dari pelaksanaan UNBK bisa ditingkatkan lagi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa khususnya di Singkawang," katanya.

Helmi juga menilai, pada dasarnya tidak ada kesan pemaksaan kepada siswa SMP/MTs untuk melaksanakan ujian dengan sistem komputer.

"Semua kebijakan-kebijakan Dinas Pendidikan kita terus komunikasikan dengan orang tua siswa dan pada prinsipnya orang tua siswa juga memberikan respon yang sangat positif terhadap pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK)," tuturnya.
***3***
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019