Jajaran Polres Kapuas Hulu memasang banner atau spanduk imbauan keselamatan berlalu lintas yang menggunakan bahasa daerah di sejumlah titik rawan di Kecamatan Pengkadan, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.
 
" Akhir - akhir ini di sejumlah daerah di kecamatan Pengadaan jalan Lintas Selatan sering terjadi kecelakaan bahkan korban jiwa, sehingga perlu diantisipasi agar tidak terulang," kata Kapolres Kapuas Hulu, melalui Kapolsek Pengkadan, IPDA Jaspian, menghubungi ANTARA di Putussibau, Kapuas Hulu, Senin.
 
Jaspian mengatakan, penyebab kecelakaan tersebut dikarenakan beberapa faktor di antaranya kondisi jalan naik turun dan tikungan serta jalan Lintas Selatan itu jalur utama jalan antar kabupaten/kota ke ibu kota provinsi.
 
Ia menyampaikan pemasangan imbauan berupa banner ditepi jalan itu untuk mengingatkan para pengguna jalan untuk lebih mengutamakan keselamatan saat mengendarai kendaraan.
 
Bahkan imbauan itu sengaja disampaikan melalui tulisan menggunakan bahasa daerah, agar masyarakat Kapuas Hulu lebih memahami isi dan maksud imbauan.
 
"Saat ini aktivitas kendaraan cukup padat karena ini bertepatan dengan arus mudik dan arus balik kedepannya," jelas Jaspian.
 
Dia berharap seluruh masyarakat pengguna jalan lebih berhati - hati dalam mengendarai kendaraan serta tertib berlalu lintas dengan mentaati peraturan lalu lintas.
 
"Terkadang pengendara teledor, mengutamakan kecepatan, menyalip kendaraan lainnya tanpa memikirkan pentingnya keselamatan," ucap Jaspian.
 
Jaspian berpesan agar sebelum berkendara sebaiknya terlebih dahulu di cek kondisi kendaraan, membawa surat menyurat kendaraan dan yang tidak kalah pentingnya lagi jangan memaksa kondisi badan.
 
" Kalau memang sudah lelah atau mengantuk jangan di paksa, sebaiknya istirahat," pesan Jaspian.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019