Tahun depan, Kabupaten Kapuas Hulu akan menggelar pemilihan kepala daerah. Hampir 20 tahun kabupaten di hulu Sungai Kapuas itu dipimpin abang adik. Dari masa Abang Tambul Husin selama dua periode, dan dilanjutkan adiknya, Abang Muhammad Nasir juga dua periode yang bakal berakhir tahun 2020.

Saat ini, suasana politik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu periode 2020 - 2025 sudah menjadi perbincangan hangat masyarakat setempat. Salah satu yang di sebut - sebut berpeluang maju sebagai calon bupati yaitu Surianto Apek politisi Partai Amanat Nasional.
 
"Surianto Apek salah satu tokoh muda yang berpeluang, karena memang memiliki figur dan salah satu putra terbaik Kapuas Hulu," kata tokoh masyarakat Kapuas Hulu Abdul Karim, kepada Antara, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu.
 
Dikatakan Abdul Karim, Kapuas Hulu memerlukan pemimpin muda yang memang peduli dengan pembangunan dan dekat kepada masyarakat.
 
Menurut dia, sosok Surianto Apek, bukan hanya sekedar dikenal nama oleh masyarakat, namun kedekatannya kepada masyarakat salah satu modal utama, sehingga kami melihat Surianto Apek berpeluang menjadi Bupati Kapuas Hulu periode 2020 - 2025.
 
" Di usia muda Surianto Apek itu sudah menjadi pengusaha sukses bahkan ke tingkat nasional dan sangat dekat serta peduli kepada masyarakat, sehingga kami yakin, Apek mampu membangun dan mensejahterakan masyarakat Kapuas Hulu," kata Abdul Karim.
 
Di sisi lain, seorang warga Kapuas Hulu, Sapril mengatakan untuk memimpin Kapuas Hulu memerlukan ketegasan yang bijaksana dan itu kami melihat ada pada Surianto Apek.
 
" Apek berani dalam kebenaran membela masyarakat dan selama ini kami telah rasakan, karena memang beliau dekat dengan kami masyarakat kecil," ucap Sapril.
 
Dihubungi terpisah, Surianto Apek mengatakan akhir - akhir ini memang dorongan masyarakat agar dirinya maju sebagai calon Bupati Kapuas Hulu cukup kuat.
 
" Saya sendiri tidak pernah terpikir masyarakat sejauh itu mendorong dan mendukung saya agar maju dalam pertarungan Pilkada 2020 mendatang," kata Apek.
 
Disampaikan Apek, jika memang dorongan dan dukungan itu murni datangnya dari masyarakat Kapuas Hulu maka dirinya siap maju sebagai calon Bupati Kapuas Hulu Pilkada 2020.
 
" Saya siap mengemban amanah masyarakat, asalkan memang itu dorongan dan dukungan dari masyarakat itu sendiri, insya Allah saya siap maju bergandeng tangan dengan masyarakat," kata Apek.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019