Gubernur Kalbar, Sutarmidji membuka pameran kuliner dan kerajinan yang merupakan rangkaian dari perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXV di Pontianak.

“Semoga melalui stan pameran ini pelaku usaha dan pihak lainnya bisa saling menginspirasi untuk kegiatan lainnya. Sehingga mendorong ke arah lebih baik. Saling menimba ilmu lah,” ujarnya saat membuka pameran yang berlokasi di Taman Alun – Alun Kapuas Pontianak, Sabtu.

Baca juga: Ini lokasi pameran meriahkan STQ Nasional XXV Pontianak

Pada saat membuka Sutarmijdi mempromosikan kekayaan kuliner Kalbar terutama Kota Pontianak. Menurut dia, Pontianak terkenal akan enaknya kuliner.

“Di Kota Pontianak ini kuliner nya enak – enak. Kalau tidak percaya kita persilahkan mencoba nya. Ini sekali promosi,” papar dia.

Ia mencontohkan seperti rendang dari lidah buaya yang sudah pernah dicicipi istri wakil presiden. Kemudian ikan salju, asam pedas, goreng pisang Pontianak sarikaya dan aneka olahan lainnya.

“Kemudian untuk produk dari lidah buaya di Pontianak terkenal. Lidah buaya di kita satu pelapah bisa mencapai 1,5 kilogram. Produk turunannya saat ini sudah lebih dari 30 produk. Kita mempersilahkan mencicipi nya. Terkait kerajinan juga tidak kalah menarik di Pontianak,” papar dia.

Saat pembukaan pameran stan kuliner dan kerajinan ada sekitar 23 gubernur di Indonesia dan beberapa kepala daerah yang ada di Kalbar, Forkopimda dan berbagai pihak lainnya.

Untuk pameran di STQ Nasional XXV dipusatkan di dua lokasi yakni Halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak yang fokus menghadirkan kuliner khas Pontianak dan Kalbar. Sedangkan lokasi selanjutnya di Taman Alun - Alun Kapuas yang memamerkan produk unggulan daerah atau produk UMKM di Kalbar.

Dijadwalkan pada malam hari ini, dilakukan pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXV di Tamn Alun – Alun Kapuas. STQ Nasional sendiri digelar sajak 28 Juni – 6 Juli 2019. Terdapat lima lokasi lomba di kegiatan nasional tersebut yakni di Taman Alun Alun Kapuas, Tugu Khatulistiwa, Masjid Raya Mujahidin, Universitas Tanjungpura Pontianak dan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.

Baca juga: Wali Kota Pontianak ajak masyarakat sukseskan STQ nasional di Pontianak
Baca juga: Jadwal lomba di 5 venue STQ XXV di Pontianak
 

 

 

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019