Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Kabupaten Sambas, Husban menyebutkan bahwa Jamaah Calon Haji (JCH) dari daerahnya dijadwalkan berangkat pada 17 Juli 2019.

Husban dihubungi di Sambas, Kalimantan Barat, Senin menjelaskan, persiapan keberangkatan jamaah haji asal daerahnya sudah sangat siap.

"Kita sudah melakukan manasik haji kabupaten. Sementara untuk tingkat kecamatan sedang berlangsung dan berakhir hingga 2 Juli 2019," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Baca juga: Bupati - Forkopimda melepas JCH Sambas dari embarkasi Batam

Ia memaparkan bahwa untuk tahun ini ada 316 CJH asal Sambas belum termasuk tambahan. Menurutnya jamaah haji asal Kabupaten Sambas menjadi dua kloter.

"Sambas masuk pada kloter 15 dengan jumlah 316 orang. Jadi kami berangkat pada 17 Juli dari Sambas ke Pontianak. Kemudian 18 Juni dari Pontianak menuju Batam, barulah pada 19 Juli Jamaah menuju Madinah Arab Saudi dari Batam, " jelas Husban.

Dikemukakan jika kloter 15 masuk pada gelombang pertama keberangkatan jamaah haji, dari embarkasi Batam.

Baca juga: Atbah pastikan Forkopimda Sambas dampingi 314 JCH ke Batam

"Sementara untuk kuota tambahan sebanyak 31 jamaah masuk pada gelombang kedua pada kloter 29, yang tergabung dalam empat provinsi meliputi Jambi, Kepulauan Riau, Riau dan Kalbar, " papar dia.

Husban menerangkan jika pada musim haji tahun ini, Kabupaten Sambas mendapat penambahan kuota sebanyak 31 jamaah. Sehingga jumlah Jamaah haji kabupaten Sambas yang diberangkatkan pada tahun ini berjumlah 347 orang. Dikatakan untuk keberangkatan kuota tambahan, baru akan diberangkatkan pada 31 Juli 2019.

Dari jumlah Jamaah tersebut, ia mengatakan jumlah Jamaah yang paling banyak dari kecamatan Tebas dan Sambas.

"Angka pastinya belum kita ketahui karena berada di tangan Kasi Penyelenggara haji dan Umrah karena di Batam baru akan diserahkan kepada ketua kloter. Demikian juga untuk jumlah laki-laki dan perempuan, belum semuanya datanya ada pada kita, lantaran disini masih kewenangan dari Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, " katanya.

Baca juga: Pelepasan 110 JCH Singkawang menuju Asrama Haji Pontianak

Disebutkan oleh Husban, untuk titik keberangkatan jamaah haji Kabupaten Sambas dipusatkan di masjid At Taqwa.

"Itu berdasarkan kesepakatan bersama. Sehingga seluruh CJH Kabupaten Sambas berkumpul dan diberangkatkan dari Pemangkat pada 17 Juli mendatang, " katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019