Provinsi Kalbar melalui Kota Pontianak menerima Pakarti Masya II untuk tingkat nasional pada pelaksanaan terbaik Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk kategori kota tahun 2019.

"Penyerahan Pakarti Masya II  dilakukan saat pembukaan pameran dan gelar dagang yang dilaksanakan di Kota Banjarbaru di areal Kantor Gubernur Kalsel," kata Lurah Siantan Hilir, Kota Pontianak, Purwanti di Banjarbaru, Kamis.

Ia mengatakan, masyarakat Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak bisa berbangga atas penghargaan Pakarti Masya II yang diraih. Namun raihan penghargaan ini haruslah menjadi cambuk untuk lebih meningkatkan PHBS.

"Hasil yang didapat ini berkat kerja sama semua pihak termasuk dari BKKBN Kalbar. Kami mendapat dukungan mulai dari tingkat RT, RW, kelompok pemuda, kader-kader PKK dan dinas-dinas terkait Kota Pontianak, alhamdulillah semua mendukung program PHBS," katanya.

Ia mengatakan, dengan pola PHBS ini kehidupan lingkungan masyarakat Kelurahan Siantan Hilir semakin hari dirasakan semakin meningkat. Kesadaran untuk hidup bersih dan sehat dari masyarakat juga semakin tinggi sehingga tercipta keluarga yang sehat.

"Kami tak henti-hentinya melakukan kampanye dan sosialisasi tentang hidup dengan pola PHBS di setiap kesempatan di dalam lingkungan masyarakat dan melibatkan semua komponen. Dan kami bersyukur mendapat hasil yang baik dan tahun depan saya berharap Kota Pontianak bisa mendapat Pakarti di lima kategori lainnya," kata Purwanti.

Sementara itu, perwakilan PKK Kota Pontianak, Darawati menyebutkan kelurahan lain Kota Pontianak pada tahun 2014 lalu, yang mendapat penghargaan dibilang PHBS, yaitu Kelurahan Akcaya.

"Untuk Kota Pontianak, kami bersama pihak-pihak terkait sangat gencar melakukan kampanye dan sosialisasi program-program PHBS. Dengan melibatkan semua sisi seperti para guru, kader KB dan unsur PKK dan di setiap pertemuan kami selalu menyelipkan pelaksanaan program-program PHBS dengan harapan masyarakat Kota Pontianak terbiasa hidup sehat," katanya.
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019