Sebanyak 269 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Ketapang, Minggu (14/7) pagi berangkat dari pendopo Bupati Ketapang menuju bandara Rahadi Oesman untuk selanjutnya terbang menuju Bandara Supadio, dan istirahat di Asrama Haji Pontianak.

Berangkatnya 249 JCH pada Minggu pagi dengan empat kali penerbangan tersebut merupakan pemberangkatan gelombang pertama sedangkan gelombang kedua yang merupakan kuota tambahan sebanyak 20 orang akan diberangkatkan pada Kamis (18/7).

Pemberangkatan gelombang pertama dari Pendopo Bupati Ketapang ditandai dengan pengangkatan bendera oleh Wakil Bupati Ketapang Suprapto S didampingi Sekda Ketapang Farhan, Kementerian Agama Republik Indonesia dan beberapa kepala OPD (organisasi perangkat daerah).

Baca juga: Bupati Bengkayang lepas keberangkatan 72 calon haji
 
Minggu pagi (14 Juli 2019) Para JCH menuju tanah suci. Pemberangkatan dilepas Wakil Bupati ketapang dan Sekda Ketapang. (Istimewa)


Berangkatnya para calon haji itu diliputi suasana haru dari keluarga. Mereka tampak berdesak-desakan di sekitar Pendopo Bupati Ketapang demi melepas keluarga yang berangkat ke Tanah Suci.

Keberangkatan bis dari pendopo Bupati Ketapang dikawal oleh mobil Patwal Polres Ketapang, Sat Pol PP dan IPHI (Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia)  Ketapang, pengamanan di sekitar Bandara Rahadi Oesman juga berlangsung tertib.

Turun dari bis jemaah langsung melakukan cek in dan menuju ruang tunggu pemberangkatan. Menurut  Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Haji Kabupaten Ketapang, Munizar, pemberangkatan jemaah calon haji Kabupaten Ketapang terdiri dari dua gelombang.

Baca juga: Tersedia 50,8 ton obat-obatan untuk jamaah calon haji yang sakit

 
Minggu pagi (14 Juli 2019) Para JCH menuju tanah suci. Pemberangkatan dilepas Wakil Bupati ketapang dan Sekda Ketapang. (istimewa)

Jemaah akan diberangkatkan dari Ketapang ke Pontianak pada tanggal 14 Juli 2019 sebanyak empat kali penerbangan. Dengan jadwal sebagai berikut:

Penerbangan pertama (NAM AIR) pada pukul 07.00 WIB.

Penerbangan kedua (WING AIR) pada pukul 07.30 WIB.

Penerbangan ketiga (NAM AIR) pukul 08.05 WIB.

Penerbangan keempat (NAM AIR) pukul 11.20 WIB.

Baca juga: Pj Sekda Sanggau lepas 116 jamaah calon haji

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Gubernur Kalbar bahwa jemaah calon haji berangkat dari asrama haji Pontianak menuju embarkasi Batam pada tanggal 15 Juli 2019 melalui 2 kali penerbangan pukul 07.00 WIB dan pukul 11.00 WIB mempergunakan pesawat Sriwijaya Air.
 
Minggu pagi (14 Juli 2019) Para JCH menuju tanah suci. Pemberangkatan dilepas Wakil Bupati ketapang dan Sekda Ketapang. (Istimewa)


Sedangkan berangkat dari Bandara Hang Nadim Batam pada 16 Juli 2019  pada pukul 10.00 WIB mempergunakan pesawat Saudi Arabia Airlines.

“Perlu juga disampaikan bahwa jemaah haji  Kabupaten Ketapang gelombang pertama insya Allah akan tiba kembali ke Ketapang pada tanggal 30 Agustus 2019,” ujarnya.

Wabup Ketapang mengharapkan jemaah menjaga kesehatan. Perlu persiapan mental dan kesehatan yang prima karena itu jemaah harus berhati-hati, diantaranya harus memakai payung, memakai masker yang telah dibagikan oleh Tim kesehatan  dan banyak minum air. Dengan begitu diharapkan jemaah berangkat dalam keadaan sehat dan kembali ke tanah air juga dalam keadaan sehat dan selamat. “Semoga menjadi haji yang mabrur,” kata Wakil Bupati ketapang.

Baca juga: Bupati Bengkayang lepas keberangkatan 72 calon haji
Baca juga: Tersedia 50,8 ton obat-obatan untuk jamaah calon haji yang sakit
Baca juga: Pj Sekda Sanggau lepas 116 jamaah calon haji

 

Pewarta: Andi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019