Di tengah berbagai kesibukan selaku pejabat publik, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan masih menyediakan waktu untuk menjadi model berbagai produk hasil kerajinan UMKM yang ada di kabupaten itu.

Iklan produk UMKM Kubu Raya itu dikemas dalam video berdurasi 10 menit 42 detik ini, dimana dalam video itu, Muda memperkenalkan satu persatu produk yang di pajang, mulai dari kain bermotif Gelombang Muare reborn degan berbagai corak warna yang berbeda yang sudah dipajang rapi dengan menggunakan kayu bulat. 

Selain itu, ada juga Tas, Dompet, Keranjang dari rotan, Anyaman Tikar berbentuk Hello Kitty, Nampan yang terbuat dari kayu, dan berbagai jenis produk lainnya. Selain itu, ada juga berbagai macam jenis makanan dan minuman yang dikemas dengan unik dengan berbagai pilihan rasa dan aroma.

"Untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk UMKM Kubu Raya ini, kita mengarahkan agar Dekranasda Kubu Raya agar bisa membuat galeri produk di hall aula kantor Bupati Kubu Raya, sehingga setiap tamu yang masuk ke kantor bupati ini bisa langsung melihat produk-produk ini," tuturnya.

Dia mempromosikan, bagi warga yang ingin memiliki kain Gelombang Muare Reborn yang merupakan kain khas Kubu Raya ini, dipersilahkan untuk datang langsung ke Stand Dekranasda Kubu Raya yang ada di Hall Aula Kantor Bupati. Karena berbagai corak warna dan jenis kain yang dijual. 

Selian itu menurut Muda, kain Gelombang Muare Reborn juga sangat bagus jika digunakan untuk pergi ke Undangan maupun pada acara-acara resmi lainnya, karena dengan motif yang berbeda dengan motif kain pada umumnya, maka kain Gelombang Muare Reborn akan menjadi daya tarik tersendiri saat pertama  kali orang melihatnya.

"Untuk memperkenalkan kain Gelombang Muare reborn dan hasil UMKM warga Kubu Raya ini, biarlah saya yang menjadi bintang iklannya. Karena saya merasa punya tanggungjawab untuk menjadi bagian dalam memperkenalkan aneka produk lokal daerah yang saya pimpin saat ini dan tentunya ini merupakan peluang besar bagi warga Kubu Raya untuk terus berkreasi dan berinovasi menciptakan hal-hal yang mampu menjadi ikon daerah kita, baik itu dari kerajinan tangannya, makannya, minumannya maupun kerajinan lainnya," katanya.

Muda menambahkan, dengan adanya hasil tangan warga Kubu Raya yang terdiri dari tas, dompet, anyaman tikar dan lain sebagainya, maka warga juga bisa langsung memesannya langsung dengan pengrajinnya yang di tempel di setiap produk yang dijual. 

Tentunya hal ini juga menjadi peluang bagi rumah tangga-rumah tangga untuk terus berkreasi dan menciptakan hal yang baru yang dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga.

"Nah ini, ada tas yang saya lihat ada langsung nama pengrajinnya, tentunya hal ini memudahkan bagi pembeli untuk bisa langsung memesannya sesuai dengan bentuk dan warna yang diinginkan. Selain itu, hal ini juga merupakan peluang besar bagi ibu-ibu rumah tangga agar bisa memanfaatkan waktu luangnya untuk menciptakan berbagai kreasi dan hal yang baru," katanya.

Muda juga mengajak warganya terutama para pemuda yang sudah memiliki kerajinan namun belum dipromosikan, untuk segera datang ke Dekranasda, baik itu produk makanan, minuman maupun UKM bisa langsung minta tolong dan daftarkan dengan petugas yang selalu siaga di Galeri Dekransda.

"Saya persilahkan kepada masyarakat maupun pemuda yang berada di seluruh penjuru Kubu Raya ini yang memiliki kreativitas dalam menciptakan produk yang baik dan berkualitas, silahkan datang ke Dekranasda dan jangan malu-malu, nantikan hasil karnya akan dipajang di galeri Dekranasda ini dan saya siap mempromosikannya," kata Muda.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019