Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 643/Wanara Sakti (Wns), Mayor Inf Dwi Agung Prihanto mengatakan, pihaknya berhasil menggagalkan penyelundupan satu unit mobil sport Classic jenis Porsche Carrera 911 dengan nomor polisi BAR 9658 asal Malaysia.

"Mobil selundupan itu berhasil diamankan oleh Tim Patroli Satgas SSK 3 yang dipimpin Lettu Inf Debry Wahyu Pranoto, di Kamp Ngabang, Dusun Guna Banir, atau masuk wilayah tanggungjawab Pos Pamtas Guna Banir Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Minggu (14/7)," katanya di Entikong, Jumat.

Ia menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, mobil sport Classic jenis Porsche carrera 911warna grey itu bernomor mesin 63H04023 dan nomor rangka wpozzz91zhs141185  dengan tahun pembuatan diperkirakan sekitar 1984-1988. Dan, saat diamankan Tim Patroli Satgas mobil sudah ditinggalkan oleh pelaku.

Ia menduga, mobil tersebut sengaja ditinggalkan pelaku, kemudian diambil pelaku lainnya untuk dibawa keluar dari Dusun Guna Banir. "Dugaan kami para pelaku menggunakan sistem penyelundupan jaring terputus," katanya.

Menurutnya, digagalkannya penyeludupan mobil asal Malaysia itu, merupakan hasil sinergitas instansi CIQS yang ada di perbatasan. Keberhasilan oleh Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns itu menandakan wilayah perbatasan sangat rawan masuknya barang ilegal ke Indonesia.

"Atas kerawanan ini kami akan tetap meningkatkan serta memperketat pengawasan di sepanjang jalur perbatasan RI-Malaysia," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan Bea Cukai Entikong, Erif mengatakan, terhadap mobil ilegal tersebut dapat dilakukan penyitaan untuk kemudian dilelang. Namun demikian saat ini aparat sedang fokus mencari pelaku penyelundupan mobil tersebut.

"Sudah ada beberapa nama yang telah dicurigai terlibat dalam penyelundupan mobil tersebut, namun guna kepentingan penyelidikan nama-nama tersebut masih dirahasiakan. Dan saat ini kasus penyeludupan itu masih dalam tahap penyelidikan," kata Iptu Eeng, salah seorang anggota Polsek Entikong

Hingga saat ini, barang bukti masih diamankan oleh Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns di Pos Kotis Gabma Entikong.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019