Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, perbatasan Indonesia - Malaysia, saat ini gencar melakukan sosialisasi tentang Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) kepada orang tua murid dan pihak sekolah dasar di daerah tersebut.
 
"Kami lakukan sosialisasi tentang BIAS agar orang tua dan pihak sekolah tahu tentang imunisasi yang akan dilaksanakan untuk anak - anaknya," kata Kepala Puskesmas Putussibau Selatan, dr Dasmiati Olfah, dihubungi Antara, di Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Rabu.
 
Dikatakan Olfah, sosialisasi yang dilakukan ke sekolah - sekolah dan untuk orangtua murid agar tidak terjadi kontoversi lagi seperti waktu imunisasi MR dulu.
 
Menurut dia, untuk imunisasi akan dimulai pada Agustus mendatang khusus siswa kelas I SD akan mendapatkan imunisasi campak untuk mencegah penyakit campak. 
 
" Kemudian untuk siswa kelas V, akan dilaksanakan pada November mendatang yaitu imunisasi TD untuk mencegah penyakit tetanus dan Diptheri," jelas Olfah. 
 
Meski pun imunisasi akan diberikan kepada siswa, namun pola hidup bersih harus tetap diterapkan baik itu di lingkungan sekolah mau pun di lingkungan masyarakat.
 
Dirinya berharap program imunisasi itu nantinya dapat berjalan lancar, serta pro aktif masyarakat dalam turut serta selalu peduli terhadap lingkungan yang sehat.
 
Sosialisasi tersebut akan terus dilakukan ke sekolah - sekolah oleh tim dari Puskesmas Putussibau Selatan.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019