Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan berharap, Paskibraka daerah itu mampu menjadi contoh teladan bagi generasi lainnya di kabupaten itu bahkan di Indonesia, sebagaimana spirit dari Kubu Raya sendiri, yakni "Dari Kubu Raya untuk Indonesia".

"Kita harus membuktikan, meskipun kita berasal dari kampung, tapi anak Kubu Raya mampu berbuat dan berkontribusi bahkan berprestasi secara nasional di republik ini," kata Muda di Sungai Raya, Jumat.

Muda menambahkan, sejak awal sebagai bupati dirinya selalu menanamkan pikiran positif kepada masyarakat,bahwa generasi Kubu Raya tidak boleh menjadi beban bagi bangsa, harus tumbuh dengan langkah dan pemikiran yang tajam untuk mencapai cita-cita.

Baca juga: Sutarmidji kukuhkan tim Paskibraka Kalbar

"Generasi harus tumbuh, tidak menjadi beban bagi keluarganya,  masyarakat, kampungnya,  daerah dan bagi Kalimantan Barat bahkan bagi negeri ini. Sebaliknya, anak Kubu Raya harus mampu membuktikan, mampu berkontribusi bagi republik ini," katanya.

Muda Mehendrawan mengatakan, jajaran Pemkab Kubu Raya bangga memiliki pasukan pengibar bendera yang sangat prima.

"Paskibra ini sudah melewati latihan dan telah dianggap pantas dan layak untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera pada momen 17 Agustus tahun ini," katanya.

Menurut Muda, adanya Paskibra merupakan cara dan langkah rekrutmen regenerasi Kubu Raya untuk menanamkan jiwa ksatria dan daya juang yang tinggi terhadap generasi Kubu Raya.

Baca juga: Edi Rusdi Kamtono kukuhkan 32 anggota Paskibraka

Muda mengatakan, Pemkab Kubu Raya akan terus berupaya memperkuat karakter dan kecintaan terhadap Republik Indonesia. Begitu juga kecintaan pada fakta keberagaman yang tinggi.

"Ini adalah sebuah modal yang baik bagi generasi saat ini. Tantangan yang kita hadapi di era digital, era serba cepat, era disrupsi ini, generasi kita tentulah harus lebih banyak dibentengi dengan langkah-langkah kreatif, langkah-langkah yang selalu mengobarkan semangat, daya juang untuk berkorban, konsisten, serta bertanggung jawab. Minimal terhadap dirinya sendiri," katanya.

Baca juga: Celana panjang untuk Paskibraka putri diperkuat perpres
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019