Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menilai pidato kenegaraan yang disampaikan presiden Joko Widodo pada sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, merupakan pidato terbaik selama kepemimpinannya

Sutarmidji pun menegaskan pihaknya siap untuk menyelaraskan berbagai program pembangunan di provinsi itu sesuai dengan pidato tersebut.

"Ini pidato terbaik Presiden Jokowi selama ini. Saya meminta para Aparatur Sipil Negeri(ASN) di Lingkungan Pemprov Kalbar untuk dapat menyimak kembali Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo itu," kata Sutarmidji di Pontianak, Jumat.

Dikatakannya, dalam pidato itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan hasil kinerjanya selama setahun terakhir dan sejumlah poin yang disampaikan terkait upaya mencapai visi besar Indonesia Maju, misalnya terkait terobosan-terobosan yang telah dilakukan pemerintah, termasuk transparansi keuangan negara dan sistem peradilan berbasis daring serta capaian-capaian pemerintah.



Selain itu, dibahas pula tentang checks and balances antar lembaga negara yang perlu diupayakan. "Kalau kita lihat dari apa yang sudah dilakukan Pemerintah Pusat terhadap Provinsi Kalbar hingga sekarang ini itu sudah selaras, tinggal sedikit lagi," tuturnya.

Terkait hal itu, dia mengatakan, Pemprov Kalbar akan menyelaraskan dengan apa yang telah disampaikan Presiden Jokowi tadi.

"Saya minta ASN Pemprov Kalbar untuk disimak kembali apa yang disampaikan pidato tadi sehingga pola pikir dalam melaksanakan tugas itu harus menyelaraskan dengan visi misi Presiden Jokowi," pintanya.

Dijelaskannya, tanpa berpedoman pada yang telah sampaikan Presiden Jokowi tadi, maka Indonesia akan tertinggal.

Namun, mantan Wali Kota Pontianak ini dirinya tetap yakin, visi dan misi itu akan bisa diwujudkan bersama.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019