Gubernur Kalimantan Barat, Sutardji mengatakan Anggota DPRD memiliki kedudukan startegis sebagai mitra kepala daerah atau dengan istilah lain yaitu DPRD dan kepala daerah adalah sumai - istri.

"DPRD dan kepala daerah itu ibaratkan suami - istri yang dipersatukan oleh undang - undang," kata Sutarmidji dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir saat pelantikan Anggota DPRD Kapuas Hulu, di Putussibau, Rabu.

Disampaikan Nasir, anggota DPRD dan kepala daerah harus sinergis dan harmonis serta saling melengkapi dalam kebijakan untuk kemajuan daerah merupakan produk bersama.

Baca juga: Erwin Siahaan tetap "ngojek" meski jadi anggota dewan

Menurut dia, setiap anggota DPRD mesti paham akan kedudukan, tugas, dan fungsi yang akan dijalankan selama lima tahun kedepan, guna mewujudkan daerah yang maju, dan lebih sejahtera disertai dengan komitmen yang kuat, ketulusan serta visi yang jelas.

" Fokus pemerintah pada saat ini adalah peningkatan kualitas sumber daya nanusia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang maksimal dan itu perlu dijabarkan hingga ke daerah," ucap Nasir.

Melalui sambutannya juga, Sutarmidji menyampaikan yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah tersebut ada beberapa poin penting yaitu mendorong dan memfasilitasi secara aktif pelaksanaan program desa mandiri.

Baca juga: Bupati Muda ajak anggota DPRD bekerja cepat

Selain itu, mesti ada sinergi pembiayaan desa mandiri melalui pokok - pokok pikiran anggota DPRD, mengingat sumber pembiayaan dari instansi terkait sangat terbatas.

" Diharapkan dengan masuknya pokok - pokok pikiran anggota DPRD, akan mempercepat proses peningkatan status kemajuan dan kemandirian desa yang akan menjadi sasaran, sebagaimana indeks desa membangun yaitu Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL)," kata Nasir.

Pelantikan 30 orang anggota DPRD Kapuas Hulu dilaksanakan di Gedung DPRD Kapuas Hulu periode 2019 - 2024, dimana peraih kursi terbanyak yaitu Partai Golkar.

Baca juga: Pelantikan 25 Anggota DPRD Kayong Utara 2019-2024
Baca juga: KPU Singkawang tetapkan 30 anggota DPRD terpilih
Baca juga: Anggota Dewan Provinsi Hadiri Porseni Kapuas Hulu

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019