Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan mengapresiasi kegiatan Sepekan Festival Museum dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional yang jatuh setiap 12 Oktober.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan saya berterima kasih kepada seluruh panitia yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini, mari kita lestarikan budaya Kalbar," kata Ria Norsan dalam sambutan pada pembukaan Sepekan Festival Museum di Pontianak, Senin.

Ada tiga kegiatan inti di Museum Kalbar, yaitu Festival Sepekan Museum, pameran temporer, dan perlombaan tingkat Sekolah Dasar.
 
Kegiatan Sepekan Festival Museum dalam rangka memperingati Hari Museum Nasional yang jatuh setiap 12 Oktober di Museum Kalbar, Pontianak. (ANTARA/Tim Magang/Irpan)


Dalam kesempatan itu, Ria Norsan juga mengajak masyarakat Kalbar untuk melestarikan budaya, salah satunya membuat kain tenun.

"Dalam rangka memeriahkan Sepekan Festival Museum, sesuai dengan tugas dan fungsi museum, visi, misi, serta moto museum, Museum Kalbar menyelenggarakan berbagai perlombaan dan peragaan serta praktik kerajinan tradisional," kata Kepala UPT Museum Kalbar Kusmindari Triwarti.

Para pengunjung juga mendapatkan suguhan pameran kain tenun dan berbagai baju adat yang dipamerkan di dalam Museum Kalbar itu.

Pada pameran itu, kata dia, para penenun atau tukang tenun memberi suguhan kepada pengunjung tentang cara menenun, salah satunya membuat pakaian adat di Kalbar.

Valeria, salah seorang pengunjung yang juga siswa SMKN 5 Kota Pontianak, mengaku bersama teman-temannya datang ke Museum Kalbar dalam rangka untuk menyaksikan kegiatan Sepekan Festival Musseum di Kota Pontianak.

"Saya suka sekali pergi ke museum ini, acaranya bagus, apalagi kami diberi pengarahan dan penjelasan dari pihak panitia tentang apa saja yang ada di Museum Kalimantan Barat ini," ujarnya.
 

Pewarta: Tim magang/ Irpan

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019