Polda Kalimantan Barat, menggelar bakti kesehatan berupa cek kesehatan jantung secara gratis bagi mahasiswa dan para dosen di lingkungan Institut Agama Islam Negeri Pontianak.

Kepala Bidang Dokkes Polda Kalbar, Kombes (Pol) Suprapto DFM di Pontianak, Rabu, menyatakan, bakti kesehatan yang digelar Polda Kalbar tersebut, melayani pemeriksaan bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan IAIN Pontianak, yakni pelayanan pengukuran tekanan darah, pemeriksaan fisik jantung dan rekam jantung atau elektrokardiografi (EKG).

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan Dokkes Polda Kalbar dalam bidang kesehatan pada masyarakat, salah satunya pada kalangan mahasiswa dan dosen di lingkungan IAIN Pontianak.

Menurut dia, negara Indonesia telah melewati berbagai agenda penting, baik nasional maupun daerah yang sangat banyak menyita waktu pikiran dan tenaga.

"Sebagai anak bangsa kita harus tetap survive (bertahan) untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa ini, salah satunya dengan tetap menjaga kesehatan. Polri memiliki tugas pokok dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang merupakan tanggung jawab yang semakin besar," jelasnya.

Namun semua itu tetap bisa dijalankan dengan baik, tanpa dukungan yang kuat dari pemerintah, para tokoh masyarakat, tokoh adat serta mahasiswa, katanya.

"Mari kita bersama-sama menciptakan dan menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat terutama di Kalimantan Barat. Dan untuk beraktifitas dalam menjaga keamanan serta memberikan yang terbaik untuk bangsa ini, maka kita harus memiliki jiwa dan fisik yang sehat,” terangya.

Maka, menurut dia tidaklah berlebihan jika Polda Kalbar menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan jantung yang bersifat dasar secara gratis bagi mahasiswa, dosen dan Rektor IAIN Pontianak.

Ia menambahkan, kegiatan bakti kesehatan ini juga untuk menjalin silaturahmi antara Polri dan IAIN Pontianak sehingga terjalin hubungan yang harmonis.

Dari data, tercatat sebanyak 176 yang ikut melakukan pemeriksaan EKG, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen di lingkungan IAIN Pontianak.

"Bakti kesehatan ini, juga akan dilaksanakan pada perguruan tinggi lainnya di Pontianak, seperti Universitas Tanjungpura Pontianak dan perguruan tinggi lainnya," katanya.


 

Pewarta: Tim magang/Yayuk

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019