Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan dan Pencatatan Sipil Disdukcapil Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, Akam mengatakan bahwa sejak Mei 2019 hingga kini Blangko E- KTP masih kosong.

"Dengan hal itu sehingga pelayanan terhadap pembuatan KTP-EL belum bisa dilakukan. Atas nama Disdukcapil menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan juga berharap bisa bersabar karena memang ketersediaan blangko di Disdukcapil saat ini memang lagi kosong," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang," Rabu.

Baca juga: Kapuas Hulu membutuhkan 15.543 blangko E-KTP

Akam menambahkan bahwa kekosongan blangko E- KTP karena memang ketersediaan dari pusat lagi kosong dan sampai saat ini pun belum ada pengadaan.

Ia mengakui kekosongan blangko di Disdukcapil tersebut membuat kerja dan pelayanan pada masyarakat terkendala. Namun, ujarnya begitu setelah blangko ada akan segera mengakomodir permohonan yang sudah masuk.

"Selama blangko kosong selama ini kita sudah ambil langkah-langkah, yaitu menerbitkan surat pengganti KTP atau disebut dengan Suket. Itu memang instruksi dari pusat dan mengarahkan seperti itu dan itulah solusi yang diberikan dengan memberikan Suket," jelas dia.

Ia menyebutkan Suket juga dapat digunakan dimana pun untuk kebutuhan pelayanan publik. Perlakuanyan juga sama seperti E-KTP sehingga masyarakat diharap tidak khawatir.

Baca juga: Sintang Kekurangan 11 Ribu Blangko KTP-e

"Semua dapat kita atasi, walau memang fisik KTP-EL yang dibutuhkan belum sesuai dengan harapan masyarakat. Kembali kita minta masyarakat bersabar dulu, mudah-mudahan nanti secepatnya blangko segera ada," terangnya.

Akam mengakui akibat blangko kosong pihaknya mendapatkan banyak keluhan dan beragam tanggapan dari masyarakat terutama yang sudah merekam datanya. Kondisi yang ada tidak terlepas dari sorotan masyarakat di sosial media.

"Kembali kami sampaikan bahwa kekosongan blangko juga bukan hanya di Kabupaten Bengkayang namun secara merata di seluruh daerah. Untuk ketersediaan blangko juga kita belum bisa pastikan ada hingga akhir tahun 2019," jelas dia.

Baca juga: Sintang Butuh 70 Ribu Blangko KTP Elektronik
Baca juga: Disdukcapil : April Blangko E-KTP Baru Tersedia
Baca juga: Disdukcapil Sambas Gunakan Kertas Putih Pengganti Blangko KK
Baca juga: Singkawang Berlakukan SKP Atasi Kekosongan Blangko E-KTP

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019