Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara gencarkan  sosialisasi proses pemilu melalui Rumah Pintar Pemilu (RPP) untuk memperbaharui data pemilih dan kegiatan kesekertariatan.

Ketua KPU Kayong Utara, Rudi Handoko mengatakan sosialisasi terus dilakukan, terlebih pada pemilih mula yang ada di Kayong Utara.

"Beberapa sekolah saat ini kami ajak untuk bersama sama membedah apa itu pemilu, sejarah, proses dan hasilnya," kata Rudi HAndoko.
 
KPU Kayong Utara sosialisasi proses pemilu melalui Rumah Pintar Pemilu (ANTARA/Rizal)


Dijelaskannya, dalam sosialisasi ini, KPU Kapong Utara menggunakan dua metode, yakni indoor  yang mengundang peserta sosialisasi untuk berkunjung ke KPU Kayong Utara serta metode out door dimana KPU berkunjung ke sekolah sekolah ungtuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang proses demokrasi dan ruang lingkupnya.

"SMA sederajat diajak untuk memahami bersama proses demokrasi yang ada di Indonesia, yang disajikan dalam bentuk dialog, tampilan hasil pemilu serta sajian sejarah pemilu dalam bentuk grafis serta gambar yang mudah difahami peserta sosialisasi," imbuhnya.

Di KPU Kayong Utara, sejak beberapa tahun yang lalu, terdapat pojok rumah pintar pemilu, yang didalamnya terdapat banyak materi tentang pemilu baik yang ada di tingkat nasional juga di Kayong Utara.

Baca juga: Tukang ojek perbatasan dapat sosialisasi pemilu oleh relasi
Baca juga: Sintang targetkan partisipasi pemilih 78 persen

Rumah Pintar Pemilu inilah salah satu sumber informasi yang disediakan oleh KPU Kayong Utara untuk masyarakat,  dan didalmnya juga terdapat beberapa materi yang dapat dijadikan pemahaman bagi para pelajar di Kayong Utara sebagai pemilih pemula serta bagi masyarakat pada umumnya.

"Sedikitnya 30 peserta dalam satu kali kegiatan dan diharapkan, proses ini terus dapat dilakukan dan dapat ditularkan kepada yang lain, dan KPU membuka diri bagi seluruh lapisan masyarakat untuk berkunjung ke RPP KPU Kayong Utara," tutupnya.

Baca juga: Relasi-KPU Singkawang sosialisasi Pemilu di permukiman transmigrasi
Baca juga: KPU Singkawang sosialisasi layanan pindah memilih
Baca juga: KPU Singkawang berikan pemahaman pemilu kepada siswa
Baca juga: Mari sukseskan pemilu serentak 2019
 

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019