PT PLN (Perserol) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat ( UIP Kalbagbar) melaporkan perkembangan pembangunan  Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV kepada Bupati Ketapang, Kalimantan Barat.

General Manager UIP Kalbagbar, Rachmad Lubis pada kesempatan itu menyampaikan bahwa jalur SUTT 150 KV Ketapang Kendawangan dan Ketapang Sukadana direncanakan akan selesai pada akhir tahun.

“Dengan proses dan progres pembangunan yang ada tentu kami tetap terus meminta bantuan dan solusi kepada bupati terhadap sejumlah kendala-kendala yang dihadapi saat ini,” ujarnya saat dihubungi di Ketapang.

Ia menyebutkan bahwa SUTT yang dibangun tersebut nantinya akan terhubung dengan jaringan transmisi yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Kemudian untuk  pelanggan besar industri yakni ada perusahaan tambang di Tumbang Titi yang harus didukung.

“Tentu kita ada perencanaan untuk industri ke depan. Potensi nya capai 200 MW yang bisa dipasok ke Ketapang,” papar dia.

Sementara itu, Bupati Ketapang, Martin Rantan mengatakan sangat mendukung kelancaran proyek strategis nasional tersebut. Menurutnya proses konstruksi SUTT 150 KV selain untuk menjamin keandalan penyaluran listrik untuk masyarakat, SUTT ini juga diharapkan dapat hadir sebagai salah satu saluran cadangan dalam menyuplai listrik.

“Kami juga tentu berterima kasih atas dukungan infrastruktur listrik pembangunan kawasan industri Ketapang,” kata dia.

Ia menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan pembangunan SUTT tentunya mengalami kendala sosial,sebagai kepala daerah berkewajiban untuk mengamankan dan mendukung  program strategis nasional tersebut.

“Kemajuan Kabupaten Ketapang khususnya di bidang industri sangat membutuhkan infrastruktur ketenagalistrikan. Bersyukur dengan adanya SUTT 150 KV ini, dalam proses penyaluran listrik.  Untuk itu, kembali kita berharap agar apa yang disampaikan ini benar-benar terealisasi,” papar dia.

Baca juga: Target SUTT 150 kV Ketapang - Sukadana rampung tahun ini
Baca juga: PLN - Pemrov Kalbar sosialisasikan kebutuhan tanah pembangunan SUTT 150 kV
Baca juga: PLN Sosialisasi Ganti Rugi Pembangunan Menara SUTT

Pewarta: Dedi/Humas Pemkab Ketapang

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019