Perguruan Tinggi yang ada di Provinsi Kalimantan Barat diharapkan mencetak SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas agar dapat bersaing di luar.

Asisten Perekonomian Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Syarief Kamaruzaman dalam sambutannya pada acara wisuda yang digelar IAIN Pontianak, Kamis, mengatakan setiap perguruan tinggi termasuk IAIN Pontianak agar mencetak SDM yang berkualitas sehingga dapat bersaing di luar.

"Perguruan tinggi yang baik dilandasi dari keunggulan kompetitif, dan tujuan yang terarah agar mengarahkan pada peningkatan sumber daya manusia tersebut untuk kemajuan bersama bangsa Indonesia," jelasnya.

Dia juga mengemukakan untuk membangun bangsa yang cerdas dan mampu bersaing tersebut, dimulai dari pendidikan yang terencana, sistematis, menyeluruh dan berkelanjutan, proses seperti itulah yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM.

"Kita harus berjuang dan bersungguh-sungguh untuk meningkatkan pendidikan tanah air kita ini, jika ingin ini menjadi bangsa yang cerdas, unggul serta mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya," tambahnya.

Sementara Rektor IAIN Pontianak, Syarif menyatakan, hari ini pihaknya mencetak sarjana sebanyak 275 wisudawan dan wisudawati dalam gelaran acara tersebut.

"Terdiri dari 144 orang berasal dari Fakultas Tarbiyah, 17 orang berasal dari Fakultas Syariah, 67 orang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan 46 orang berasal dari Fakultas Dakwah," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus membangun infrastruktur di kampus agar terealisasinya rencana menjadikan UIN dalam beberapa tahun kedepannya.

"Kami mulai memperluas kampus ini dengan membeli beberapa lahan yang ada di kawasan Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya untuk membangun kampus dua, syarat untuk berubah menjadi UIN" ungkapnya.

Salah seorang wisudawan dari Fakultas Dakwah, IAIN Pontianak, Dimas Ageng menyatakan, selesai kuliah dirinya aman akan menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

"Alhamdulillah hari ini, saya bisa menyelesaikan program studi saya, semoga ilmu ini bisa bermanfaat bagi saya sendiri dan orang banyak," katanya.

Pewarta: Tim magang/ Irpan

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019