Memasuki hari ke tiga perjalanan tim pelayanan KB bergerak Daerah Aliran Sungai (DAS) menelusuri Sungai Kapuas Kalbar, tim kembali menyinggahi Desa Beginjan di Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau, yang merupakan daerah sasaran pelayanan DAS IV tahun 2019.

"Ibu-ibu saya ingatkan agar selalu memberikan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif kepada anak. Karena selain susu ibu itu murah, namun sangat baik, higenis dan bergizi. Dan, ASI merupakan asupan penting yang tumbuh kembang akan bila di berikan dengan baik selama dua tahun berturut-turut," kata Kaper BKKBN Kalbar, Kusmana di Sanggau, Kamis.

Sama seperti di daerah Kabupaten Kubu Raya, di Beginjan Kabupaten Sanggau tim pelayanan KB DAS juga melakukan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi dan memberikan penyuluhan kepada para kader Kelompok Pembangunan Keluarga balai desa dan pada para pelajar.

Proses dan manfaat menyusui dinilai sangat penting dalam meningkatkan kualitas SDM maka dalam sosialisasinya Kusmana mengatakan, kepada ibu-ibu yang sedang masa menyusui bayi, jangan mengunakan suntik KB. Karena mempengaruhi pemberian ASI,  lebih baik mengunakan kondom saja.

"Ini lebih aman dan tidak mempengaruhi kualitas ASI. Sehingga para ibu dapat memberi ASI nya secara maksimal," katanya.

Sosialisasi juga di berikan kepada para pelajar SMP Tayan Hilir. Selain sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bahaya narkoba, para pelajar SMP itu juga di berikan pengetahuan tentang reproduksi, bahayanya pengunakan narkoba, seks bebas, perencanaan hidup yang matang menuju masa depan yang cermerlang.

"Dengan persiapan yang baik, maka hasil pembangunan khususnya SDM bangsa kita ini akan baik pula. Sebagai penerus bangsa tolong jaga dan persiapkan diri kalian menuju masa depan yang lebih baik pula," pungkasnya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019