Dinas Kesehatan Kapuas Hulu mengimbau agar masyarakat di wilayah itu mewaspadai penyakit yang muncul pada saat terjadi peralihan cuaca dari kemarau ke musim hujan.
 
" Empat penyakit di musim pancaroba yaitu infeksi saluran napas akut, demam berdarah, asma atau alergi dan diare," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Ade Hermanto di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Rabu.
 
Dikatakannya, pada musim pancaroba itu ancaman penyakit yang kerap terjadi adalah demam berdarah dengue (DBD) yang kasusnya di Kapuas Hulu sejak 4 November sudah sebanyak 24 orang kasus DBD.


Baca juga: Dinkes Edarkan Surat Antisipasi Penyakit Musim Pancaroba

 
" Musim pancaroba itu memang rawan tertular penyakit tetapi kembali lagi kepada pola kehidupan masyarakat," ucap Ade.
 
Ada beberapa kiat untuk mencegah penyakit pada musim pancaroba yaitu jaga kebersihan diri dan lingkungan, tingkatkan daya tahan tubuh kemudian kebiasaan minum air putih selalu sedia payung sebelum hujan, dan istirahat yang cukup, ujarnya.
 
" Hindari membiarkan sampah berserakan di halaman rumah, membersihkan benda - benda yang sering disentuh, atau memastikan tak ada genangan di rumah yang bisa jadi sarang nyamuk," tambahnya.


Baca juga: BPBD: Penataan Bangunan Kawasan Pantai Harus Disosialisasikan

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019