Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengharapkan generasi muda di Kalbar memiliki integritas tinggi dan pola pikir yang baik agar provinsi itu memiliki sumber daya manusia yang unggul pada masa mendatang. Salah satunya di bidang keagamaan, dalam waktu dekat akan ada 100 santri penghafal 30 juz yang akan di wisuda.

"Saya harapkan para pelajar kita, khususnya para generasi muda, memiliki integritas yang baik, karena orang yang punya integritas itulah yang bisa tampil," katanya di Pontianak, Sabtu.

Dia menjelaskan baru-baru ini, Presiden menunjuk tujuh anak muda yang mempunyai integritas yang baik, kejujuran dan semangat untuk maju, semangat untuk menaklukkan segala yang menjadi tantangan untuk menjadi staf kepresidenan.

"Saya rasa apa yang dilakukan Presiden sangat tepat karena masa depan bangsa ini ditentukan oleh generasi penerus kita. Mereka bertujuh diharapkan dapat menjadi contoh bagi anak-anak muda yang ada di Kalbar," tuturnya.

Dia mengatakan tantangan hidup saat ini lebih kompleks ketimbang pada masa lampau.

"Saudara harus memahami ajaran agama Islam itu sendiri secara utuh dan banyak. Sekarang banyak ditampakkan orang-orang yang mengaku paham tentang ajaran agama Islam padahal tidak paham sehingga selalu menyampaikan segala sesuatu seakan-akan dia memusuhi ajaran agama yang dianut. Jangan sampai kita seperti itu. Mari kita pelajari ajaran agama Islam secara utuh terus menerus," katanya.

Saat menjadi Wali Kota Pontianak, dia sudah membuat program terkait dengan anak tamat SD yang sudah bisa baca tulis huruf Al Quran kemudian tamat SMP sudah khatam Quran.

"Harusnya. Ketika saya menjadi gubernur program saya selama saya menjadi gubernur melahirkan 5.000 hafiz. Nanti tanggal 29 nanti kita sudah punya santri 2.428 orang yang sedang menghafal Al Quran dan nanti akan kita wisuda 100 orang yang sudah menghafal 30 jus," kata dia.

Selain itu, kata dia, Kalbar mempunyai 400-an orang yang sudah hafal 20 jus kemudian berapa ratus lagi sudah menghafal lima jus.

"Mudah-mudahan ke depannya target harus sudah di atas 3.500 orang yang sedang menjalankan untuk menghafal Quran. Jika ada anak yang berminat silakan di tempat saya di PAL 5 Jalan H. Ahmad itu ada lembaga tafiz sekarang ada 60 orang. Namun, anak-anak ini harus menginap setiap hari dan insyaalah dalam waktu dua tahun bisa menjadi hafiz kalau serius," katanya.

Ia mengajak masyarakat menjaga sosoknya yang berintegritas dan menjadi panutan.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019