Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar kegiatan Gebyar PAUD 2019 yang diikuti ribuan siswa/siswi PAUD yang tersebar di kabupaten itu.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, perkembangan suatu bangsa sangat ditentukan dengan tingkat pendidikan bagi masyarakatnya.

Menurut dia melalui pendidikan, generasi cemerlang yang merupakan calon pemimpin bangsa itu lahir. Oleh karena itu, pendidikan sangat diperlukan untuk menciptakan lahirnya generasi muda cemerlang, sehat, cerdas dan ceria.

"Saya berharap kepada seluruh guru maupun tutor PAUD di seluruh Kabupaten Kubu Raya agar dapat menginspirasi dan menjadi penggerak perubahan dalam memajukan pendidikan untuk generasi muda yang dimulai dari PAUD," kata Muda disela kegiatan Gebyar dan POR PAUD di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Minggu.

Muda menyampaikan, Gebyar dan POR PAUD ini ditujukan untuk mengajak dan menginspirasi anak-anak Kubu Raya sebagai generasi penerus bangsa dan daerah untuk melakukan aksi positif secara nyata di dunia pendidikan yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitar.

"Sebagai generasi penerus bangsa dan kunci kemajuan bangsa daerah, selain memiliki fisik yang sehat anak-anak Kubu Raya juga harus memiliki kecerdasan serta ceria. Untuk itu layanan PAUD berkualitas ditandai adanya lima kebutuhan esensial anak di setiap satuan pendidikan, diantaranya kesehatan, pendidikan, intervensi gizi, perawatan dan pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan," katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya Lugito mengatakan kegiatan Gebyar PAUD ini disanding dengan Pekan Olah Raga (POR) PAUD yang digelar Sabtu kemarin.

Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk meningkatkan profesionalisme pendidik serta kreatifitas peserta didik dalam mewujudkan Kubu Raya Bahagia, Cerdas, Sejahtera dan Relegius.

"Kegiatan Gebyar PAUD ini digelar karena kita menginginkan agar anak-anak di Kubu Raya ini dapat menggali bakat dan minat peserta didik terhadap kegiatan olahraga dan seni, menumbuhkan semangat kompetisi dan sportifitas anak sejak dini, mengembangkan bakat dan keterampilan serta kompetensi pendidik PAUD dan menjadi sarana sosialisasi berbagai program PAUD kepada masyarkat menuju PAUD berkualitas di Kubu Raya," kata Lugito.

Lugito menuturkan, pada kegiatan Gebyar PAUD ini juga ditampilkan Joget Pesona Kubu Raya yang diikuti seluruh Guru PAUD dan ribuan peserta didik dan ditampilkan dogeng untuk menghibur anak-anak PAUD.

Selama Pekan Olahraga PAUD diadakan 8 perlombaan bagi peserta didik dan 6 perlombaan bagi Guru/Tutor. Adapun perlombaan bagi peserta didik diantaranya: Lomba mewarnai Lomba Pesan Berantai, Lomba Menyusun Huruf, Lomba Kolase, Lomba Mengancing Baju, Lomba Memindahkan Bendera, Lomba Celoteh dan Lomba Bercerita tanpa Alat Peraga.

Sedangkan perlombaan bagi Guru/Tutor diantaranya Lomba Joget Pesona Kubu Raya, Lomba Pesan Berantai, Lomba Bercerita Tanpa Alat Peraga, Lomba Melukis, Lomba Panca Dolanan dan Lomba Melukis.

"Dengan diadakannya perlombaan ini, kami meminta kepada seluruh peserta didik dan Guru PAUD untuk terus meningkatkan semangat dan sportifitas, karena menang bukanlah tujuan utama dalam kegiatan ini," tuturnya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019