Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani menghadiri acara Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Kayong Utara di Istana Rakyat (Pendopo Bupati), Minggu (8/12).

Pengukuhan dan pelantikan BPD KKSS Kayong Utara tersebut dilaksanakan oleh Kepala Badan Pengurus Wilayah (BPW) KKSS Provinsi Kalimantan Barat H. Burhan dan dihadiri oleh keluarga besar suku Bugis yang ada di Kabupaten Kayong Utara.

Pada kesempatan ini, Bupati Kayong Utara berharap BPD KKSS Kabupaten Kayong Utara yang baru dilantik dapat segera menyusun program yang inovatif.
 
Bupati Kayong Utara Citra Duani (Foto Humas Kayong Utara)


"Saya berharap kepada BPD KKSS Kabupaten Kayong Utara yang baru saja dilantik agar segera dapat menyusun program yang inovatif yang tentunya bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat misalnya ikut serta bersama masyarakat desa menghidupkan gotong royong dan bekerjasama dengan TNI/Polri dalam mencegah peredaran narkoba baik di desanya maupun di Kabupaten Kayong Utara ini," ucap Bupati.

Selain itu, Bupati Citra menginginkan agar kepengurusan KKSS Kayong Utara ikut serta untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di Kabupaten Kayong Utara.

"Saya juga menginginkan supaya kepengurusan KKSS Kayong Utara ini ikut serta membantu pemerintah daerah untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di daerah kita ini, termasuk di bidang olahraga dan agama sehingga daerah kita mampu melahirkan bibit-bibit atlet yang unggul serta memiliki anak-anak generasi penerus yang memiliki moral dan akhlak mulia," ujarnya.
 
Bupati Kayong Utara Citra Duani (Foto Humas Kayong Utara)


Kemudian terkait dengan hal bidang pemberdayaan ekonomi Citra mengharapkan supaya KSSS dapat menghidupkan UMKM yang ada di desa sehingga menjadi ikon dan mendukung pariwisata Kayong Utara dan KKSS juga diharuskan membangun sinergi dengan semua pihak termasuk etnis dan suku lain yang ada di Kayong Utara.

Selanjutnya Kepala BPW KKSS Kalbar Burhan mengingatkan beberapa point penting wajib diingat orang Bugis di tanah perantauan yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan yaitu sebagai manusia harus saling menghormati, santun dan tidak membeda-bedakan dalam kondisi apapun tanpa memandang SARA, kemudian selalu berperilaku dengan baik, saling mengingatkan satu sama lain serta saling membantu.
 
Pengukuhan dan Pelantikan Badan Pengurus Daerah KKSS Kabupaten Kayong Utara (Foto Humas Kayong Utara)


Kemudian Burhan berpesan agar orang Bugis yang ada di Kayong Utara dapat membantu pemerintah daerah untuk memajukan pembangunan di Kayong Utara.

"Saya berpesan kepada kepengurusan KKSS Kabupaten Kayong Utara agar dapat membantu untuk memajukan pembangunan di Kayong Utara ini dan saya berharap apabila KKSS ini menjadi pejabat tetaplah menjaga yang namanya taro ade taro gau yang artinya satu kata satu perbuatan sehingga kita tetap memegang prinsip yang merupakan simbol loyalitas dari Bugis Makassar itu sendiri dalam bertindak," tuturnya.

Baca juga: Bupati Citra terima DIPA 2020
Baca juga: Bupati Citra hadiri pelantikan taruna STTD Bekasi asal Kayong Utara
Baca juga: Bupati Citra sambut putri proklamator RI dan beberapa Profesor
 

Pewarta: Humas / Japri

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019