Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir mengapresiasi pelaksanaan Pekan raya Bumi Kasturi di Kecamatan Hulu Gurung, karena dapat mendorong promosi potensi dan produk - produk di desa termasuk yang terletak di pedalaman Kalbar.
 
" Semua organisasi perangkat daerah di Kapuas Hulu dilibatkan dalam Pekan Raya Bumi Kasturi, mendorong menuju Kapuas Hulu yang maju dan mandiri," kata Nasir, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Selasa.
 
Dikatakan Nasir, banyak potensi desa yang harus terus digali dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, bisa dikelola melalui Badan usaha milik desa (BUMDes).

Menurut dia, saat ini pembangunan terfokus di desa, tinggal bagaimana lagi aparatur desa dapat memanfaatkan dana desa dalam memajukan desanya masing - masing.
 
" Melalui kegiatan pekan raya bumi kasturi itu dapat sebagai motivasi bagi setiap desa dalam menggali potensi yang ada, minimal untuk memenuhi kebutuhan desa mau pun skala kecamatan," kata Nasir.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat, Aminuddin mengatakan Peka Raya Bumi Kasturi itu salah satu upaya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa.
 
" Kapuas Hulu ini kaya akan potensi yang dapat di dorong untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendorong desa mandiri," katanya.
 
Dikatakannya untuk membangun Indonesia saat ini diawali dengan pembangunan di desa, pemerintah sudah menyiapkan dana desa untuk dikelola demi kesejahteraan masyarakat.
 
Gubernur Kalimantan Barat, kata Aminuddin, terus mendorong agar desa di Kapuas Hulu tidak ada lagi yang tertinggal, minimal berkembang menuju desa maju dan mandiri.
 
" Alhamdulillah yang dulu cuma satu desa mandiri di Kalbar, sekarang tahun 2019 sudah 87 desa mandiri, pemerintah terus mendorong desa mandiri," tambahnya.
 
Pekan Raya Bumi Kasturi ke - V tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, pada Senin (9/12) kemarin, dalam kegiatan tersebut juga di gelar Teknologi Tepat Guna.
 
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019