Ratusan prajutit dan PNS Kodam XII/Tanjungpura menggelar Shalat Gerhana Matahari di Masjid Nurul Ikhlas Makodam XII/Tpr. Shalat Gerhana Matahari itu
dipimpin oleh Kasi Binrohis Bintaldam XII/Tpr, Mayor Inf Toyib Basori.

"Fenomena alam gerhana matahari ini agar kita semua bisa mengambil hikmahnya, maka dari itu hendaklah kita sebagai umat manusia merenungi dan meminta ampun kepada Allah SWT, memperbanyak melakukan kebaikan dan berdzikir serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya," kata Mayor Inf Toyib Basori dalam khotbahnya, Kamis.

Menurutnya, fenomena pergerakan benda-benda langit yang demikian tertib, agung dan menakjubkan adalah tanda akan hadirnya Dzat dengan kekuasaan yang tidak mungkin tertandingi oleh apapun dan siapapun. 

"Dialah Allah SWT," katanya.

Dengan demikian lanjutnya, fenomena gerhana matahari yang dapat disaksikan saat ini seyogianya diposisikan tak lebih dari ayat. Manusia patut bersyukur mendapat kesempatan melewati momen-momen indah tersebut. 

"Momen gerhana matahari juga menjadi wahana tempat untuk memperbanyak permohonan ampun, tobat dan kembali kepada Allah sebagai muasal dan muara segala keberadaan," katanya.

Ia berharap, semoga dengan fenomena alam gerhana matahari kali ini dapat lebih meningkatkan kedekatan seluruh manusia khususnya umat muslim kepada Allah SWT.

"Dan semoga dapat menjauhkan kita dari berbuat maksiat, menghindari dari perilaku zolim serta membesarkan hati kita untuk ikhlas menolong sesama serta menjaga kita untuk selalu ramah terhadap alam sekitar," katanya. 





 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019