Jajaran Polsek Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat melakukan pengecekan terhadap kondisi banjir yang terjadi di daerah tersebut.

Pengecekan tersebut dilakukan dengan menggunakan sampan di sepanjang daerah terkena banjir terutama di Kelurahan Kedamin Hilir (Teluk Barak), Desa Tanjung Jati, Desa Jaras dan sejumlah titik rawan longsor.

"Untuk kedalaman air saat ini bervariasi berkisar 20 - 80 cm, terutama di jalan Kalimantan Teluk Barak, kendaraan tidak bisa melintas," kata Kapolres Kapuas Hulu, melalui Kapolsek Putussibau Selatan, Ipda Cahya Purnawan, di Putussibau Selatan, Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Minggu.

Disampaikan Cahya, pengecekan atau pemantauan daerah rawan bencana tersebut dilakukan untuk mengantisipasi atau cegah dini, hal - hal yang tidak diinginkan.

 Bahkan menurutnya, anggota Polsek Putussibau Selatan yang turun langsung di tengah masyarakat juga memberikan imbauan agar masyarakat waspada bencana.

"Kami sampaikan imbauan waspada bencana, terutama para orangtua agar dapat mengawasi anak - anaknya disaat banjir terjadi," ucap Cahya.

Dikatakan Cahya, untuk wilayah Putussibau Selatan, memang rawan banjir dan tanah longsor, hanya saja untuk saat ini sedang terjadi banjir.

"Banjir terjadi sejak Sabtu (11/1) kemarin, karena luapan sungai Kapuas yang disebabkan curah hujan cukup tinggi," jelas dia.***2*

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020