Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu secara resmi mensosialisasikan percepatan akses keuangan daerah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah setempat.

" Kapuas Hulu sudah ada Tim percepatan akses keuangan daerah (TPAKD) sebagai forum komunikasi antar instansi," kata Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, saat membuka sosialisasi percepatan akses keuangan daerah di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Selasa.

Disampaikan Nasir, percepatan akses keuangan daerah tidak terlepas dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu 2016 - 2021.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya Komitmen Percepat Akses Keuangan

Menurut dia, dalam misi Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu diantaranya yaitu memperkuat tata kelola kepemerintahan yang baik dan bersih, memperkuat pertumbuhan ekonomi kerakyatan yang bertumpuh pada sumber daya daerah yang berkelanjutan serta ke meningkatkan layanan infrastruktur dasar dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

" Kegiatan ini sangat penting karena masih rendahnya literasi dan inklusi, apalagi pembiayaan terhadap UMKM masih relatif rendah," kata Nasir.

Nasir juga mendorong, ketersediaan akses keuangan seluas - luasnya untuk mendukung keuangan daerah, kemudian mencari terobosan yang lebih kreatif untuk keuangan daerah bagi masyarakat.



Selanjutnya, kata Nasir, pemerintah daerah juga mendorong optimalisasi sumber dana dalam rangka peningkatan penyediaan bantuan produktif seperti pengembangan UMKM yang juga sejalan dengan program BUMN.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotiusius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020